Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 1 Surade
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3989Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler di SMAN 1 Surade, apakah terdapat di kategori baik atau kurang baik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota ekstrakurikuler olahraga di SMAN 1 Surade dengan jumlah responden 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei, adapun teknik pengambilan data menggunakan tes, hasil penelitian tersebut diketahui bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler olahraga di SMAN 1 surade yang menyatakan pada kategori baik sekali dengan persentase 0%, pada kategori baik dengan persentase 0%, pada kategori sedang dengan persentase 86,96%, pada kategori kurang dengan persentase 13,04 %, dan pada kategori kurang sekali dengan persentase 0%. Beberapa saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain: 1. Bagi sekolah sebaiknya perlu mendukung semua kegiatan ekstrakurikuler yang ada, terutama ekstrakurikuler olahraga supaya bisa menciptakan pemain yang profesiona dari sekolah, 2. Bagi guru atau pelatih, hendaknya memberikan metode melatih yang mudah dimengerti oleh pemain dan selalu memotivasi pemain ketika berlatih dan bertanding.
Unduhan
Referensi
Bryantara, O. F. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kebugaran Jasmani (Vo2Maks) Atlet Sepakbola. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 237–249.
Komarudin. (Bandung). Psikologi Olahraga. 2015: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, F., & Mylsidayu, A. (2017). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Bekasi: Samadiru Bekasi
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyono, M. A. (2014). Buku Pintar Panduan Futsal. Banda Aceh: Laskar Aksara Media.
Mylsidayu, A. (2018). Psikologi Olahraga. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati, T. (2018). Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Rekadaya, A. (2017). Minat Mahasiswa PJKR Terhadap Mata Kuliah Olahraga Pilihan Judo.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Setiyana, A. (2013). Persepsi Orang Tua Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Harjobinangun Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo.
Siswanto, Tedi Purbangkara (2019), “Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Resiprokal pada Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli di SMPN 1 Tirtajaya” Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)
Sri Hapsari, (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas XII. Jakarta : PT Grasindo
Sri Wahyuni. 2010 : Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta Pusat
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Supandi, 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta : PT Gramedia pustaka utama
Thursan Hakim, (2008). Belajar Secara Evektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara
Uno, H.B (2016), Teori motivas dan pengukuranya, Jakarta: PT Bumi Aksara
Widy Asih Sulastri.(2011).Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Mini Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. FIK
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-08-04 (2)
- 2021-08-04 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.