Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas VIII Tentang Permainan Sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur Kabupaten Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4022Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan asumsi belum tahunya siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola dan belum diketahuinya seberapa besar tingkat pengetahuan siswa tentang permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur, Kab. Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan. Instrumen yang telah tersusun tersebut dikonsultasikan kepada dosen ahli, selanjutnya di uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Subjek penelitian ini sejumlah 262 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas VIII tentang permainan sepakbola di SMPN 2 Telukjambe Timur, Kab. Karawang masuk dalam kategori sedang. Hal tersebut ditunjukkan pada jumlah responden yang menjawab paling banyak masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 103 siswa 39,31%. Kemudian jumlah siswa yang menjawab dalam kategori rendah sebanyak 48 siswa 18,32%, yang menjawab dalam kategori tinggi sebanyak 77 siswa 29,39%, yang masuk dalam kategori sangat rendah sebanyak 22 siswa 8,40%. Sedangkan jumlah siswa yang menjawab dalam kategori sangat tinggi sebanyak 12 siswa 4,58%.
Unduhan
Referensi
Aji, S. (2016). Buku Olahraga Paling Lengkap. Jakarta: PT. Serambi Semesta Distribusi.
FIFA. (2014). Peraturan Permainan 2014/2015. PENGPROV PSSI JAWA TENGAH
Gunawan, I. (2012). Taksonomi Bloom – revisi Ranah Kognitif Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Madiun.
Gunawan, I. (2014). Tingkat Pengetahuan Tentang Taktik dan Strategi Bermain Futsal Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di SMA 1 Muhammadiyah Muntilan Tahun 2014.Skripsi.UNY
Izzati, R.E. (2013). Perkembangan Peserta Didik.Yogyakarta.UNY Press
Lawan, G.G. (2015). Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 4 Wates, Kulon Progo Tentang Peraturan Permainan Bolavoli Mini.Skripsi.UNY
Leny Sundari, F. (2016). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Bola Kasti di SD N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta
Lestari, F.S. (2017). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Peserta UKM Tenis Lapangan UNY Terhadap Permainan Tonnis.Skripsi.UNY
Rahmani, M. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas
Siswoyo, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Soewito, N.(2011).Tes, Pengukuran, dan Evaluasi Pendidikan Jasmani.Yogyakarta.FIK UNY.
Sudijono, A.(2011).Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:Rajawali Press Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D .Bandung: ALFABETA.
Sulistyono, T. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sutanto, T. (2016). Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press Utama, B. (2011). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Yogyakarta: FIK UNY Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-08-04 (2)
- 2021-08-04 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.