Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang

Penulis

  • Iip Ripai Azhuri Universitas negeri singaperbangsa karawang
  • Tedi Purbangkara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4000

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi  belajar Pendidikan jasmani pada siswa  Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode survey dan desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Sekolah Luar Biasa Negeri dan Sekolah Luar Biasa  B Tunas Harapan Kabupaten Karawang yang berjumlah 20 siswa, sedangkan samplenya diambil sesuai dengan jumlah populasi dengan teknik total sampling, diperoleh kelas VIII dari kedua Sekolah Luar Biasa berjumlah 20 siswa sebagai kelas yang akan diberikan angket tentang motivasi belajar siswa. Data diolah menggunakan Software Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan jasmani menunjukan presentase motivasi belajar sebanyak 40% dengan kriteria sedang. Jadi dapat disimpulkan tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan jasmani dapat meningkat apabila guru mampu menyajikan materi dengan baik dan menyenangkan, memberikan pengajaran melalui bentuk permainan sehingga siswa tidak merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Azis, et al. (2020). Survei Penggunaan Media Pembelajaran Ladder Drill Dalam Pembelajaran Lari Jarak Pendek. Jurnal Competitor, 12(2), 67–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13987

Andi Muhammad Fadlih, P. R. (2019). Minat dan MotivasiPeserta DidikPenyandang Disabilitas Ketunarunguanterhadap Mata Pelajaran Pendidikan JasmaniKesehatandan Olahraga. Musamus Journal of Physical Education and Sport(MJPES), 2(1), 10–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35724/mjpes.v2i01.2072

Bogy Restu Ilahi, et al. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Bengkulu. Jurnal Halaman Olahraga Nusantara, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/hon.v3i2.4858

Dermawan, O. (2013). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Gumilar Mulya, A. S. L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Competitor, 12(2), 83–94. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781

Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. JURNAL ILMIAH PENJAS, 3(1), 17–27. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539/568

Hambali, S. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain Pada Permainan Bola Voli Siswa SD Kelas V. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(1), 58–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v5i1.314

Hera Yuniartik, et al. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatandi SLBC Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17389

Januari Alfredo, et al. (2020). Motivasi Berprestasi Peserta Ekstrakulikuler Futsal di Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 82–87. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3961

Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ’ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201–227. http://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/421

Maria Ulva, R. A. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512

Santoso, D. A. (2015). Perbedaan Motivasi Berpartisipasi Dalam Olahraga Antara Suku Jawa, Madura, Dan Cina. Jurnal PENJAKORA, 2(1), 73–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/penjakora.v2i1.11344

Solihin, A. O. (2016). Profil Tingkat Motivasi Siswa Tunarungu dalam Belajar Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Olahraga, 2(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v2i1.58

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Ripai Azhuri, I., Purbangkara, T. ., & Suryana Nasution, N. (2021). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang . Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4000