Pembelajaran Outdoor Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMPN 1 Cikarang Utara

Penulis

  • Muhammad Akbar Sofyan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4328

Abstrak

Pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mengenal diri dan juga lingkungan, sehingga siswa akan memiliki aspek-aspek positif baik jasmani maupun rohani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran outdoor education pendidikan jasmani dalam pembentukan karakter/sikap toleransi di SMPN 1 Cikarang Utara. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran outdoor education pendidikan jasmani dalam membentuk sikap toleransi di SMP 1 Cikarang Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dalam membentuk sikap toleransi di SMP 1 Cikarang Utara, subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa, 1 guru Pendidikan jasmani. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi (Triangulasi Data). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dapat membentuk sikap toleransi, serta banya sikap yang terbentuk setelah melakukan pembelajaran Outdoor.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto (2014). Prosedur Penelitian, Jakarta. Rineka Cipta.

Ega Trisna Rahayu, (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung. ALFABET

Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923

Dan Richmond, et al. (2018). Complementing classroom learning through outdoor adventure education: out-of-school-time experiences that make a difference. Journal of Adventure Education and Outdoor Learning, 18(1), 36–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/14729679.2017.1324313

Dian Pujianto, et al. (2020). Pengembangan Model Latihan Passing Sepakbola Berbasis Sasaran Teman. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 12. https://doi.org/https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.81

Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Hanafi, I. (2017). Rekonstruksi Makna Toleransi. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, 9(1), 33–51. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/trs.v9i1.4322

Komarudin. (2004). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia34Upaya Guru Pendidikan Jasmani untukMeningkatkan Minat Siswa Putri dalamPembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 34–47. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v1i1.2846

Lisa Ummairoh, A. A. (2019). Membentuk Sikap Toleransi Anak Melalui Peran Orang Tua di Dusun Sidodadi B Desa Kampung Padang Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019. CIVITAS: Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic, 5(2), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/civitas.v2i1.1071

Nasution, N. S. (2018). Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Education Dalam Pendidikan Jasmani. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 6(1), 73–80. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/1227

Ossy Indra Wardhani, et al. (2019). Pengaruh Outbound Management Training Dalam Pembelajaran Outdoor Education Untuk Penanaman Kepercayaan Diri Siswa. SpoRTIVE, 4(1), 111–120. https://ejournal.upi.edu/index.php/SpoRTIVE/article/view/18299

Rafdlal Saeful Bakhri, et al. (2020). Implementasi Outdoor Education Camping ProgramUntuk Melatih Kepemimpinan Mahasiswa STKIPBina Mutiara Sukabumi. Biormatika:Jurnal Ilmiah, 6(11), 85–93. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.814

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Rosalina Ginting, K. A. (2009). Toleransi dalam Masyarakat Plural. Majalah Lontar, 23(4). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/ltr.v23i4.665

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.

Syahrul Ardiyansyah, et al. (2020). Efektifitas Pelaksnaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahragadan Kesehatan di MTs Persis 96Garut. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2), 121–130. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3903

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Akbar Sofyan, M. ., Suryana Nasution, N., & Mury Syafei, M. . (2021). Pembelajaran Outdoor Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMPN 1 Cikarang Utara. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 110–118. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4328

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama