Minat Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Bola Voli di SMPN 2 Majalaya
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4359Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa di SMP Negeri 2 Majalaya, yang beralamat di jalan raya perum citra kebun mas, bengle, kecamatan majalaya, kabupaten karawang. Permasalahan dari penelitian ini adalah kurang minat dan antusias siswa dalam pembelajaran bola voli yang di laksanakan di SMP Negeri 2 Majalaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli, dengan subjek penelitian 1 orang guru penjas dan 4 orang siswa, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian ini bermaksud untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran bola voli, bahwa minat sangat mempengaruhi dalam pembelajaran bola voli dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor eksternal dan faktor internal, dalam faktor tersebut terdapat beberapa indikator yaitu perhatian, ketertarikan, aktivitas, peran guru dan fasilitas, dari semua indikator tersebut semuanya saling berkaitan dalam mempengaruhi minat belajar siswa dan dapat meningkatkan keterampilan passing atas ketika pembelajaran bola voli.
Unduhan
Referensi
Daftar Pustaka
Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani, filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung, Nuansa.
Abdul Kadir Ateng. (1989). Penganter Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta : FPOK IKIP Jakarta
Agus S, Surobroto. (2004). Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. FIK : UNY
Armiyah (2011). “Pelaksanaan Pembelajaran Jasmani Olahraga Dan Kesehatanorkes Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sidodawa Kecamatan Patik Raja Kebupaten Banyumas
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.
Candra Gumilar. 2015. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siswa Kelas XI SMAN 2 Klari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ega Trisna Rahayu. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2): hal 61-99
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-08-04 (2)
- 2021-08-04 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.