ANALISIS GETARAN TAPERED ROLLER BEARING PADA TURBINE PROPELLER SEBELUM DAN SESUDAH PELUMASAN (OLI & GREASE) DENGAN METODE BUMP TEST
DOI:
https://doi.org/10.35261/barometer.v5i2.3764Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Tappered Roller Bearing Turbine Propeller yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik getaran yang dimiliki oleh tappered roller bearing tersebut sebelum dan sesudah pelumasan (oli & grease). Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengukuran Bump Test pada tiga posisi pengukuran yaitu sumbu X, Y dan Z. Alat ukur yang digunakan adalah FFT Analyzer (Ono SOKKI) dan data dianalisis menggunakan perangkat lunak MATLAB. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa frekuensi pribadi yang muncul lebih dari satu posisi pengukuran dengan rentang frekuensi yang digunakan 1 – 100 Hz. Hal ini menunjukkan adanya modus getar global. Frekuensi pribadi yang selalu muncul pada setiap posisi pengukuran baik sebelum dan sesudah pelumasan (oli & grease) adalah 4, 12, 20, 28, 36, 44, dan 52 Hz. Frekuensi yang hanya muncul satu kali pada posisi pengukuran menunjukkan modus getar lokal. Berdasarkan hasil pengukuran juga didapatkan bahwa jumlah frekuensi pribadi yang paling banyak muncul baik sebelum dan sesudah pelumasan (oli & grease) yaitu pada posisi pengukuran sumbu Y dan yang paling sedikit muncul yaitu posisi pengukuran sumbu X.
Downloads
References
Kapler, J., Letal, J., Sasic, M., and Stone, G.C., 2014, Recent end-winding vibration problems in air-cooled turbine generators. CIGRE 2014. 8 pages
Delprete, C., Galeazzi, A., and Pregno, F., 2010 Experimental Modal Analysis of an Automotive Powertrain. Applied Mechanics and Materials. 2425,71-76.http://dx.doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.24-25.71
Susanto, A., Yusuf, S. Q., Hamid, A., Wahyudi, H., & Subekti, S., 2019. Implementation Of Frequency Response Function On Tapper Bearing Maintenance. SINERGI, 23 (2), 132. https://doi.org/10.22441/sinergi.2019.2.006
Effendi, B. D., Subekti dan Hammid, A., 2019, Karakteristik Dinamik Disc Brake Daihatsu Sigra 1200 cc dengan Metode Bump Test.
Subekti, Abdul Hamid, Basuki Dwi Efendy, Agung Wahyudi Biantoro. 2019. Inspecting A Bump Test In The Maintenance Of A 1200-Cc Daihatsu Sigra Disc Brake, Sinergi Vol. 23, No. 3, October 2019: 191-198
Pimentel-Junior, G. L., Oliveira, F. B. and Faria, M. T. C., 2014, On the Bump Tests of Cracked Shafts Using Acoustic Emission Techniques, Engineering,08(09),572-581. [Online]. Available: http://doi.org/10.4236/eng.2016.89053
Ghatwai, A. B., Chaitanya, P. S. V, & Phadke, S. B., 2016, Frequency Response Function Measurements of Disc and Drum Brake With its Verification by CAE. 2223–2228.
Bilošová, A. 2011, Modal Testing. Investment in Education Development.Ostrava, Czech.
Subekti, 2018, Studying The Dynamic Characteristics To Lengthen The Operating Life For A Diesel Engine Using Frequency Response Function (FRF) Measurement. SINERGI, 22 (3), 161. https://doi.org/10.22441/sinergi.2018.3.004.
Lin, R.M., 2016, Modeling, Detection, and Identification of Flexural Crack Damagein Beam Using Frequency Response Function. Meccanica. 51(9),2027-2044. http://dx.doi.org/10.1007/s11012-015-0350-6.
Homaei, F., Shojaee, S., and Ghodrati, A.G., 2015, “Multiple Structural Damage Detection Using Measured Frequency Response Function”, Iranian Journal of Structural Engineering, 2(1), 13-18p.
A. Susanto, C. H. Liu, K. Yamada, Y. R.Hwang, R. Tanaka, and K. Sekiya, 2018, “Milling process monitoring based on vibration analysis using Hilbert-Huang transform,” International Journal of Automation Technology, vol. 12, no. 5, pp. 688–698, September. DOI: 10.20965/ijat.2018. p0688
Biantoro, A. W., Maryanto, H., Hidayanto, A. K., & Hamid, A, 2020, “The Investigation Of End Mill Feeds On Cnc Router Machine Using Vibration Method” Sinergi Vol.24, No.2, June 2020: : 117-124.
Widodo, Aditya Putra. 2019, “Analisis Performance Turbine Propeller Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic).” Skripsi. Teknik. Teknik Mesin. Universitas Mercu Buana, Jakarta.