Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-09-17. Baca versi terbaru.

Implementasi Evaluasi Partisipatif dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran

Penulis

  • mohamad yakub University of Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Arif Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3828
Abstrak views: 36

Abstrak

ABSTRAK

 

            Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk mengetahui Implemensi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran, yang menekankan prilaku  Kognitif, Afektif, Psikomotor. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang sudah dirumuskan. Oleh peneliti  dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik studi obervasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang di cari oleh peneliti. Dengan menggunakan lembar wawancara sebagai alat pengolah data yang berisi pertanyaan tentang perubahan apa yang dirasakan dalam kegiatan implementasi evaluasi partisipatif dalam mengetahui hasil pembelajaran senam  lantai  roll  depan pada siswa  SMP  Negeri  2  Pebayuran. Setelah  data  hasil wawancara diperoleh   selanjutnya dilakukan analisis. Data kualitatif yang di peroleh  dari lapangan, untuk  itu  perlu  di  catat  secara teliti  dan terperinci dengan cara mereduksi data. Tujuan dari reduksi data adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang data yang diperoleh. Setelah data kualitatif reduksi di sajikan dalam bentuk teks naratif.

          Berdasarkan hasil wawancara tentang “Implementai Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran” dengan menekankan prilaku kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa  dalam kegiatan pembelajaran Implemtasi Evalusi Partisipatif dapat meningkatkatkan kompetensi Dasar pembelajaran senam lantai roll depan, social, kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa dalam pembelajaran penjas. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan senam lantai roll depan di SMP Negeri 2 Pebayuran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rahayu, E.T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Rosdiani, D.(2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani danKesehatan, Bandung, Alfabeta, halaman 157-159

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Riskomar,

James C. McDavid dan Laura R.L. Hawthorn, Program Evaluation and Performance Measurement: An Introduction to Practice (California: Sage Publications, 2006)

(Davies and Dart, 2005:8). Ada Tiga Langkah Dasar dalam Menggunakan The Most Significant Change Technique (MSC):

Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Sumber Online.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17

Versi