Analisis Terhadap Makna Simbol Budaya Lokal Di Dalam Iklan “ Kuku Bima Ener-G Versi Sumatera Utara” Di Televisi ( Analisis Semiotika Roland Barthes )

Analysis of the Meaning of Local Cultural Symbols in the "Kuku Bima Ener-G North Sumatra Version" Advertisement on Television (Roland Barthes Semiotics Analysis)

Penulis

  • Muchammad Akbar Aprillyanto Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i2.7146

Abstrak

                          ABSTRAK

Iklan adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengiklan kepada target audiensnya. Salah satu media beriklan yang efektit digunakan adalah televisi. Kelebihan ini di manfaatkan oleh perusahaan e-commerce sebagai media periklanan salah satunya adalah Kuku Bima Ener-G. penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif  kualitatif yang berfokus dengan makna yang disampaikan dalam iklan Kuku Bima Ener-G. Data yang di gunakan dalam penelitian ini serial iklan televisi Kuku Bima Ener-G. serial ini terkenal dengan metode penyampaian iklan yang sederhana tapi mengandung banyak makna. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat dalam bentuk bagan tanda. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui makna iklan yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori semiotika menurut perspektif Roland Barthes. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa makna iklan yang disampaikan Kuku Bima Ener-G memuat pesan budaya, Kuku Bima Ener-G sebagai komunikator berusaha memberikan pemaknaann kepada konsumennya agar lebih mengetahui budaya lokal di Indonesia yang ditunjukan dari makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat pada serial iklan ini.

Kata Kunci: Semiotika, iklan, Kuku Bima Ener-G

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-21

Cara Mengutip

Aprillyanto, M. A. (2023). Analisis Terhadap Makna Simbol Budaya Lokal Di Dalam Iklan “ Kuku Bima Ener-G Versi Sumatera Utara” Di Televisi ( Analisis Semiotika Roland Barthes ): Analysis of the Meaning of Local Cultural Symbols in the "Kuku Bima Ener-G North Sumatra Version" Advertisement on Television (Roland Barthes Semiotics Analysis). Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(2). https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i2.7146

Terbitan

Bagian

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal