Analisis Visual Model Wanita Pada Iklan Judi Online

Penulis

  • Sheila Kalbis Institute
  • Alma
  • Laura
  • Rachel

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i2.7902

Abstrak

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin pesat membuat sebuah perubahan yang begitu pesat. Kreativitas manusia semakin meningkat membuat bertambahnya inovasi baru bermunculan di bidang teknologi salah satunya adalah internet. Seiring berkembangnya teknologi, game online pada awalnya hanya berupa permainan, kini dikembangkan menjadi sebuah media penghasil uang atau yang biasa disebut perjudian online. Di Indonesia sendiri masih tersebar beberapa iklan perjudian online yang secara tidak sengaja muncul disekitar laman web yang sedang dikunjungi. Desain sendiri memiliki peran penting dalam berkomunikasi, salah satunya pada iklan guna mempromosikan suatu hal kepada orang-orang, desain pada iklan harus memiliki ciri khas yang dapat membekas ketika dilihat. Menurut JB Reswick (dalam Pilliang, 2008, hlm. 384) desain adalah kegiatan kreatif yang menciptakan sesuatu yang baru dan berguna yang belum pernah ada sebelumnya. Poster iklan judi online yang telah tersebar luas di internet ini memiliki kemiripan gaya visual satu sama lainnya, salah satu yang paling menonjol adalah model yang digunakan merupakan seorang wanita berpakaian terbuka dan berkulit oriental. Gaya visual seperti itu ternyata dapat menarik perhatian (bisa disebut juga dengan clickbait) banyak orang khususnya para lelaki supaya mau mengunjungi laman web perjudian online tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-21

Cara Mengutip

Laurencia, S., Aminuddin, S. A., Rahmanti, H., & Olivia, R. (2023). Analisis Visual Model Wanita Pada Iklan Judi Online. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(2), 1–7. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i2.7902

Terbitan

Bagian

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal