Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Olahan Tutut di UMKM Saung Tutut Tegalsawah Kabupaten Karawang
Kata Kunci:
Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Strategi Pemasaran, UMKM Saung TututAbstrak
UMKM Saung Tutut Tegalsawah di Karawang mengolah keong sawah (tutut), yang sebelumnya dianggap hama, menjadi makanan khas bernilai jual seperti rica, sate, tongseng, dan sayur picung tutut. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berperan dalam memengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan dukungan kualitatif, pada kualitatif ini melalui kuesioner dan wawancara mendalam terhadap 100 responden yang dipilih secara accidental sampling. Analisis dilakukan dengan pendekatan regresi linier berganda, yang disertai dengan uji validitas, reliabilitas, dan pengujian terhadap asumsi klasik pada batas signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis memiliki rata-rata tertinggi (3,84), menandakan konsumen terdorong oleh persepsi positif, motivasi mencoba, dan kepuasan emosional. Faktor sosial (3,70) dipengaruhi teman sebaya dan lingkungan, diikuti faktor budaya (3,63) yang mencerminkan nilai tradisi dan kebiasaan keluarga. Sementara itu, faktor pribadi memiliki rata-rata terendah (3,45), menunjukkan usia, pekerjaan, dan pendapatan tidak dominan dalam keputusan pembelian. Analisis regresi menunjukkan bahwa secara simultan keempat faktor berpengaruh signifikan, namun secara parsial hanya budaya, sosial, dan psikologis yang berpengaruh, sedangkan faktor pribadi tidak signifikan (sig. 0,248). Oleh karena itu, strategi pemasaran disarankan untuk lebih menonjolkan aspek emosional dan budaya guna memperkuat loyalitas konsumen terhadap produk tutut.
Unduhan
Referensi
Alfatli, R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Di Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Universitas Andalas.
Banda, C. S., Yertas, M., & Balia, N. (2024). Pengaruh Faktor Pribadi Dan Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Ompo Jaya Manokwari. 7(3), 1117–1121.
Dwijayanti, A., Komalasari, R., Harto, B., Pramesti, P., & Alfaridzi, M. W. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 68–75. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408
Faishal Burhanudin, M., & Yusuf, A. (2023). Pengaruh Co-Creative Tourism Experience terhadap Revisit Intention Pada Kuliner Karawang. Jurnal Perspektif, 21(2), 143–152. https://doi.org/10.31294/jp.v21i2.16606
Harahap, A., Ramadhan, G., Rahma, S., Azzahra, T., & Nasution, S. S. (2025). Analisis Hubungan Tingkat Pendapatan DenganKeputusan Konsumen Dalam Membeli Minyak Goreng. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 3(6), 162–170.
Hartono, B., & Mukhlisoh, S. N. (2022). Pengaruh Budaya, Sosial, dan Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tradisional. Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.31294/eco.v6i2.12245
Hidayati, F. N., & Priyono, B. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Marketing dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli pada UMKM Sprouts Farms. Journal of Business Administration Economic & Entrepreneurship, 6(1), 35.
Marpung, V. J., Utomo, R. B., Aini, N., Hendrawan, H., W, D. N. R., Ilma, A. L., Ramadhan, A. N. N., & Ikaningtyas, M. (2025). Strategi Pengembangan Produk Lokal Berdasarkan Perilaku Konsumen Generasi Muda. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(4), 12. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i4.4394
Meray, K., Lolowang, T. F., & Mandei, J. R. (2021). Kontribusi Sub Sektor Perkebunan Dalam Perekonomian Kabupaten Minahasa Utara. Agri Sosioekonomi, 17(2), 125. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.2.2021.33782
Moudianingrum, S. (2024). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian tanaman hias di sentra flona semanan jakarta barat. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Pratama, R. W., Suherman, E., & Khalida, L. R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Dapur Opat. Volume 7 N.
Safira, Irianto, H., & Handayani, S. M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Kelas Sosial, Pendapatan dan Karakter Kepribadian Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Tradisional UMKM pada Generasi Millenial. Procedia of Social Sciences and Humanities, 0672(c), 136–141. https://pssh.umsida.ac.id


