Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Bibit Anggur (Vitis Vinifera) Pada Usaha Kebun Anggur Pulo Gebang

Penulis

  • Yeni Sari Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8930

Abstrak

Indonesia sebagai negara tropis memiliki wilayah yang luas dan agroklimat yang beragam sehingga dapat menghasilkan jenis buah-buahan termasuk anggur dan merupakan salah satu komoditas buah-buahan bergizi dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi. Kebun anggur Pulo Gebang merupakan tempat penangkaran bibit anggur sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan perekonomian petani. Usaha Kebun Anggur Pulo Gebang dikelola oleh komunitas anggur Jakarta dibawah naungan dinas ketahanan pangan, kelautan dan pertanian provinsi DKI Jakarta. Sebuah perusahaan akan berhasil atau tidak, sangat dipengaruhi oleh kegiatan dalam memasarkan produknya sehingga mendapat laba yang maksimal. Dalam tahap ini manajemen pemasaran sangat diperlukan, agar perusahaan dapat menjual produknya dengan harga yang menguntungkan pada tingkat yang diharapkan serta dapat mengatasi tantangan dari para pesaing dalam pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bauran pemasaran yang diterapkan dalam kegiatan pemasaran usaha Kebun Anggur Pulo Gebang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Kegiatan menganalisis data melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Metode analisis deskriptif digunakan analisis bauran pemasaran, yaitu menggunakan variabel 7P yang terdiri dari dari Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, dan Lingkungan Fisik yang dapat dilihat dari usaha Kebun Anggur Pulo Gebang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep Pemasaran Agribisnis : Pendekatan Ekonomi dan Manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia, Vol 5 No 2, 151–172.

Fransiska, A. (2018). Strategi Bauran Pemasaran Wine Sebagai Produk Penunjang Pariwisata (Studi Kasus PT. Sababay Winery Bali). Jurnal IPTA, Volume 6 N.

Gusti, I. (2021). Strategi Produk Olahan Buah Anggur Sebagai Produk Unggulan Di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Jurnal Teknologi Industri Pertanian., Vol 31 (3), 296–304.

Haumara, R. U., Suamba, I. K., & Dharma, I. P. (2016). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Tanaman Hias Pada CV. Kumala Dewata Di Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata.

Kotler, P. (2002). Manajamen Pemasaran Jilid 2. (Edisi Mile). PT Prenhallindo.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran; Analisis Perencanaan Inplementasi Dan Pengendalian,Terjemahan. Erlangga.

Mubyarto. (2002). Pengantar Ekonomi Pertanian (Edisi Keti). PT. Pustaka LP3ES.

Norahmiati. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhdapa Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Ertiga Di Dealer Suzuki Banjarmasin. Jurnal Socioscientia, Volume 8 N.

Pratama, D. (2020). Analisis Bauran Pemasaran Usaha Kue Tradisional Dange Di Kecamata Mandalle Kabupaten Pangkep. Pustakawan Amaluddin Zaihal.

Prihatman. (2012). Padi (Oryza Sativa L.) Sistem Informasi Manajemen Pembangunan Di Perdesaan, Proyek PEMD. BAPPENAS.

Putra, R. (2022). Pengantar Ilmu Pertanian (M.S.Mila Sari (Ed.)). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sefa, D. (2019). Analisis Bauran Pemsaran (Marketing Mix) Dan Strategi Pengembangan (Studi Kasus Pada Agroindustri Kopi Bubuk Cap Intan Di Kota Bandar Lampung). JIIA, Volume 7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Wulandari, Y. S. (2023). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Bibit Anggur (Vitis Vinifera) Pada Usaha Kebun Anggur Pulo Gebang . Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 3(2), 219–227. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8930

Terbitan

Bagian

Volume 3 No 2