Strategi Pengembangan Usaha Penyulingan Minyak Atsiri Serai Wangi (Citronella Essential Oil) Studi Kasus : Koperasi Pandawa Pilangsari Kabupaten Majalengka

Penulis

  • Elsa Novitasari Mahasiswa Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wagiono Wagiono Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yeni Sari Wulandari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8682

Abstrak

Minyak serai wangi salah satu komoditas minyak atsiri yang mempunyai potensi pasar tinggi dan manfaat yang banyak. Koperasi Pandawa Pilangsari Kabupaten Majalengka merupakan perusahaan yang mengembangkan usaha penyulingan minyak serai wangi. Produksi minyak serai wangi di Koperasi Pandawa Pilangsari tahun 2022 mengalami kenaikan dan penurunan yang disebabkan oleh kekurangan bahan baku. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis proses usaha dan model bisnis untuk mendapatkan alternatif strategi pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode untuk menciptakan strategi bisnis yang baru yaitu analisis SWOT.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan posisi usaha pada diagram swot kuadran I yaitu dengan nilai IFAS 3,02 dan nilai EFAS 3,22 dengan hasil mendukung strategi agresif. Dalam menyempurnakan usaha Koperasi Pandawa Pilangsari menerapkan strategi Strengths-Opportunities (S-O).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bima, P. S. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KECILDENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi …. http://repository.radenintan.ac.id/16868/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/16868/1/PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2013. Buku Tanaman Semusim.

Farah Nabila, dan Nurmalina. 2019. Analisis Kelayakan Usaha Minyak Serai Wangi Pada Kondisi Risiko (Studi Kasus PT. Musim Panen Harmonis). Agribusiness Forum (Vol 9 No 2, September 2019) hal 143-159 ISSN 2252-5491, E-ISSN 2656-4599

Feradhita. 2021. Penjelasan Aspek Pasar dan Pemasaran dalam Studi Kelayakan Bisnis. (logique.co.id). Diakses 8 Desember 2022.

Hariyono., dan Vidya Trihastuti. 2021. Prospek Agribisnis Penyulingan Serai Wangi Menjadi Minyak Atsiri Di Desa Tanah Merah Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur. ISSN 2776-0022

Mustamin Y. 2015. Pengembangan Minyak Atsiri Tumbuhan Indonesia sebagai Potensi Peningkatan Nilai Ekonomi. [jurnal]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Osterwalder A, dan Pigneur Y. 2017. Business Model Generation. Jakarta (ID) : PT. Elex Media Komputindo.

Rahayu, A. 2019. Strategi Pengembangan Usaha Buah Nusantara Di PT Hapasi Platinum Sinergi Dengan Pendekatan Business Model Canvas. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rangkuti, F. 2017. Teknik membedah kasus bisnis analisis swot cara, perhitungan bobot, rating dan ocai. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Robi C, 2019. Budidaya Serai Wangi

Taufiq, M.N., Hidayatullah, A dan Zuraida A. 2021. Analisis usaha penyulingan minyak atsiri sereh wangi di desa teluk kepayang kecamatan kusan hulu kabupaten tanah bumbu (studi kasus pada usaha penyulingan minyak atsiri bapak basaludin salem). Jurnal Pertanian, 2020.

Tim PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas : Penerapan di Indonesia. Jakarta (ID) : PPM.

Tora, N. 2013. Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Serai.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Novitasari, E., Wagiono, W., & Wulandari, Y. S. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Penyulingan Minyak Atsiri Serai Wangi (Citronella Essential Oil) Studi Kasus : Koperasi Pandawa Pilangsari Kabupaten Majalengka. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 3(2), 140–148. https://doi.org/10.35706/agrimanex.v3i2.8682

Terbitan

Bagian

Volume 3 No 2