MANAJEMEN ORGANISASI KOMUNITAS SAHABAT ANAK

Studi pada Tata Kelola Organisasi Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya

Penulis

  • Mutiara Syipa Universitas Siliwangi
  • Fitri Nurastuti Universitas Siliwangi
  • Raina Putri Khoirinka Universitas Siliwangi
  • Andre Rakana Setiawan Universitas Siliwangi
  • Ahmad Hamdan Universitas Siliwangi

Abstrak

Manajemen organisasi sangat penting karena manajemen yang efektif dapat mempercepat proses kerja. Tidak mungkin untuk memisahkan manajemen sumber daya manusia yang efektif dari pencapaian tujuan organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen organisasi KASA (Komunitas Sahabat Anak). Sebuah organisasi bernama Komunitas Sahabat Anak didirikan untuk melindungi hak-hak anak.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan organisasi Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya dilakukan dalam beberapa tahapan, meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan. Suatu hal yang baru ditetapkan pada organisasi Komunitas Sahabat Anak yaitu membentuk biro khusus untuk mengelola sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan elemen atau potensi penting yang dapat berperan dalam mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, menghasilkan sumber daya manusia unggul yang memiliki kualitas membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Teori, Dimensi Pengukuran.

Daft, R. L. (2014). The leadership experience. Cengage Learning.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta Edisi, (50). DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.204.

Effendhie, M. (2011). Pengantar Organisasi. Organiasi Tata Laksana Dan Lembaga Kearsipan, 1-90.

Handoko, T.H. (2011). Manajemen. Edisi kesebelas. BPFE-Yogyakarta: Yogyakarta.

Kohar, A., & Wahidin, H. K. (2022). Implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Putra. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(1), 1-16. Retrieved from: https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/artikel20086010026.pdf.

Rachman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadith. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2), 291-323. Retrieved from: http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1628.

Rifa’i, H. M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen organisasi. Cv. Pusdikra Mitra Jaya:Bandung

Sobirin, A. (2014). Organisasi dan Perilaku Organisasi. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna Dan Aplikasinya. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.

Stoner, J.A.F & Edward, R. (1992). Manajemen:Terjemahan. Intermedia: Jakarta

Terry, G. R. (1977). Principles of Management . Homewood IL: Richard D. Irwin.

Wibowo, S. (2009). Pengantar Manajemen Bisnis. Politeknik Telkom: Bandung.

Wijaya, C & Rifai, M. (2016). Dasar-dasar manajemen (mengoptimalkan pengelolaan organisasi secara efektif dan efesien). Perdana Publishing: Medan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-17

Cara Mengutip

Syipa, M., Nurastuti, F., Khoirinka, R. P., Setiawan, A. R., & Hamdan, A. (2023). MANAJEMEN ORGANISASI KOMUNITAS SAHABAT ANAK: Studi pada Tata Kelola Organisasi Komunitas Sahabat Anak Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 58–65. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/9194

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama