IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI KELURAHAN KAHURIPAN KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA

Penulis

  • Syifa Silvana SS
  • Al Qaromah Desidin Universitas Siliwangi
  • Reina Apriliani Universitas Siliwangi
  • Meta Hendrayani Universitas Siliwangi
  • Ahmad Hamdan Universitas Siliwangi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Kahuripan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kajian ini mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan pendukung program, terutama terkait keterbatasan dana dari pemerintah meskipun jumlah penduduk di kelurahan tersebut besar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya program PKK di Kelurahan Kahuripan sudah berjalan baik dengan kegiatan rutin seperti pengajian, penyuluhan kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi keluarga. Namun, masih terdapat kendala dalam pelaksanaan program tersebut, terutama terkait keterbatasan dana yang disediakan oleh pemerintah. Meskipun demikian, masyarakat Kahuripan telah menunjukkan partisipasi yang signifikan dalam mendukung program PKK melalui sumbangan ide dan tenaga secara sukarela. Untuk meningkatkan program PKK, diperlukan dukungan pemerintah dalam menyediakan dana yang cukup dan merata sesuai kebutuhan kelurahan yang padat penduduk. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang pelaksanaan program PKK di Kelurahan Kahuripan dan memberikan rekomendasi perbaikan program.

Kata Kunci: Kesejahteraan Keluarga, Penyuluhan Kesehatan, Partisipasi Masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andalla, T., & Listyani, R. H. (2018). Peran Pasangan Keluarga TKI Di Tanah Air dalam Menjaga Ketahanan Keluarga (Studi Relasi Gender Di Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar). Paradigma, 6(3). Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/26332.

Citra, I. P. A. (2017). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pengembangan Ekowisata Wilayah Pesisir Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 31. DOI: https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.8484

Korten, David C. (1995). When Corporations Rule the World. Berrett-Koehler Publishers.

Kurnia Rohmat. (2019). Pedoman Umum PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Jakarta: Bee Media Pustaka

Mamonto, N., Gosal, T. A. M. R., & Singkoh, F. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menunjang Sektor Pariwisata Sebagai Pendukung Perekonomian (Studi Di Desa Mooat Kec. Modayag Kab. Bolaang Mongondow Timur). Jurnal Eksekutif, 1(1). Retrieved from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnaleksekutif/article/view/15634.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Mughni, S. A. (2010). Kesejahteraan Keluarga: Konsep, Dimensi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana.

Nuriyah, Sinta. (2012). Pemberdayaan Perempuan melalui 10 Program Pokok PKK. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Rochmah, Zainab Siti. (2010). Konsep Pemberdayaan Masyarakat: Perspektif Interdisipliner. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sen, Amartya. (1999). Development as Freedom. Anchor Books.

Said, D. H. (2020). Peran Istri dalam Membangun Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Hukum Islam di Kecamatan Panyabungan Kota. AT-Tawasuth: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), 268–290. DOI: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/ajei.v5i2.8092

Sunaryo, A. (2020). Implementasi Pemberdayaan Pendidikan Melalui 10 Program Pokok PKK. Journal Public Service and Governance, 1(2), 253–278. DOI: http://dx.doi.org/10.56444/psgj.v1i02.1565.

Xie, H., Wen, J., & Choi, Y. (2021). How the SDGs are implemented in China A comparative study based on the perspective of policy instruments. Journal of Cleaner Production, 291, 125937. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.125937.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-17

Cara Mengutip

Silvana, S., Desidin, A. Q., Apriliani, R., Hendrayani, M., & Hamdan, A. . (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBERDAYAAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DI KELURAHAN KAHURIPAN KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA. JoCE (Journal of Community Education), 3(1), 66–74. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/9199

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama