Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Rumah BUMN BRI Tasikmalaya

Penulis

  • Amos Universitas Siliwangi
  • Yus Darusman
  • Ahmad Hamdan

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) membawa perubahan besar bagi masyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan UMKM  yaitu dengan membentuk Rumah BUMN BRI Tasikmalaya sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas melalui program-program yang diselenggarakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui rumah bumn bri Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Rumah BUMN BRI Tasikmalaya, melalui upaya-upaya dalam pengembangan UMKM diantaranya: Upaya pertama yang dilakukan Rumah BUMN  BRI Tasikmalaya yaitu penciptaan iklim kondusif dalam menciptakan keamanan dan ketentraman kepada UMKM melalui program-program yang diselenggarakan. Upaya kedua yaitu bantuan permodalan, Rumah BUMN BRI Tasikmalaya membantu UMKM dalam mendapatkan bantuan permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI. Upaya ketiga yaitu perlindungan usaha, Rumah BUMN BRI Tasikmalaya membantu dan membimbing UMKM untuk memperoleh legalitas seperti nomor induk berusaha (NIB) dan sertifikat izin pangan indsutri rumah tangga (PIRT). Upaya keempat pengembangan kemitraan, Rumah BUMN BRI Tasikmalaya mempunyai dua mitra yaitu BRI dan UMKM yang saling bekerja sama melalui program-program seperti pelatihan, brilian preneur, bazzar, dan lainnya. Upaya kelima yaitu pelatihan, Rumah BUMN BRI Tasikmalaya menyelenggarakan pelatihan seperti pengemasan, branding, manajemen pengelolahan dan lainnya. Upaya ke enam yaitu Rumah BUMN merupakan lemabaga khusus yang dibentuk kementrian BUMN dalam memecahkan permasalahan pada UMKM.

Kata Kunci: Pengembangan UMKM, Rumah BUMN, BRI.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yus Darusman

 

 

Ahmad Hamdan

 

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian:Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.

Caesario, R. O. (2021). Pemberdayaan UMKM Melalui Rumah Kreatif BUMN. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Muchran, M. (2021). ANALYSIS OF CONCEPT, IMPLEMENTATION AND IMPACT ON TRAINING NEEDS ASSESSMENT FOR APPARENTS IN PATTONDON VILLAGE, MAIWA DISTRICT, ENREKANG REGENCY. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 5(1), 81-97.

Pattisahusiwa, H. M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Dinas Koperasi Kota Makasar. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Makasar, Makasar.

Putri, E. H. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Samarinda (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kota Samarinda). EJournal Administrasi Negara, 5(1). 5431-5445.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ilham,M., Meilani, E.H.,& Astutiningsih, E. T. (2022). Kemitraan CV Bumi Kopi dengan Petani di Desa Sukamekar. Surya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyrakat, 4(2), 41-45.

Wiliandari, Y. (2014). Rancangan Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Efektif. Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi,6(2), hal 94-110.

Zubaedi. (2013).Pengembangan Masyarakat Wacana dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2008 tentang “Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah”

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Miliki Negara.

Hardum, Siprianus Edi. 2021. Kontribusi KUMKM pada PDB Diproyeksikan Jadi 65 persen pada 2024. https://www.beritasatu.com/ekonomi/747581/kontribusi- kUMKM-pada-pdb-diproyeksikan-jadi-65-persen-pada-2024 [di akses: 08 Juni 2022, 18:43]

Open Data Kota JABAR-Dinas Koperasi,Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan. Jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota di JawaBarat. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil- menengah-UMKM-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-04

Cara Mengutip

Amos, Darusman, Y., & Hamdan, A. (2023). Upaya Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Rumah BUMN BRI Tasikmalaya. JoCE (Journal of Community Education), 3(2), 17–26. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/9434

Terbitan

Bagian

Artikel