Analisis dan Pengembangan Manajemen Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v5i2.13399Kata Kunci:
Manajemen, Physical Education, Evaluation, Learning, Elementary SchoolAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengembangkan konsep manajemen pendidikan jasmani di sekolah dasar melalui kajian mendalam terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif serta didukung studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas manajemen pendidikan jasmani sangat bergantung pada kompetensi guru, ketersediaan sarana-prasarana, dukungan sekolah, serta efektivitas evaluasi pembelajaran. Penerapan manajemen yang baik terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa serta hasil belajar psikomotorik. Penelitian ini menawarkan model pengembangan manajemen penjas yang dapat diterapkan di sekolah dasar
Unduhan
Referensi
Bailey, R. (2006). Physical Education and Sport in Schools: A Review of Benefits and Outcomes.https://doi.org/10.1080/13573320600911896
Bailey, R. (2006). Physical education and sport in schools: A review of benefits and outcomes. Journal of School Health, 76(8), 397–401.
Bloomfield, J., Ackland, T., & Elliott, B. (2008). Applied anatomy and biomechanics in sport. Human Kinetics.
Casey, A., Goodyear, V., & Armour, K. (2017). Digital technologies and learning in physical education: Pedagogical cases. Routledge.
Dyson, B. (2014). Quality physical education: A guide for schools. UNESCO Publishing.
Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2012). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (7th ed.). McGraw-Hill.
Hardman, K., & Marshall, J. (2009). Second world-wide survey of school physical education. ICSSPE.
Hastie, P. A., & Casey, A. (2014). Fidelity in models-based practice research in sport pedagogy: A guide for future investigations. Journal of Teaching in Physical Education, 33(3), 422–431.
Kemendikbud. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani.https://kemdikbud.go.id
Kemenpora RI. (2018). Panduan Pembelajaran Pendidikan Jasmani.https://kemenpora.go.id
Kirk, D. (2013). Educational value and models-based practice in physical education. Educational Philosophy and Theory, 45(9), 973–986.
Kretschmann, R. (2015). Physical education teachers’ subjective theories about integrating digital media in PE lessons. Journal of Physical Education and Sport, 15(2), 245–251.
Lutan, R. (2000). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Depdiknas.
Metzler, M. W. (2017). Instructional models for physical education (3rd ed.). Routledge.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis.
https://books.google.com/books/about/Qualitative_Data_Analysis.html?id=U4lU_-wJ5QEC
Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic physical education for elementary school children (19th ed.). Human Kinetics.
Rink, J. (2010). Teaching Physical Education for Learning.https://books.google.com/books/about/Teaching_Physical_Education.html
Rink, J. E. (2013). Teaching physical education for learning (7th ed.). McGraw-Hill.
Siedentop, D., & Tannehill, D. (2000). Developing teaching skills in physical education. Mayfield Publishing.
Sinaga, A., & Suherman, A. (2019). Manajemen pembelajaran pendidikan jasmani pada sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 11–22.
Sujarwo, S. (2010). Kompetensi guru pendidikan jasmani dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 11(2), 150–158.
Sunaryo, W. (2017). Evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 45–56.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003.https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
UNESCO. (2015). Quality physical education: Guidelines for policy-makers. UNESCO Publishing.
WHO. (2020). Physical Activity Facts.https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Wuest, D. A., & Fisette, J. L. (2014). Foundations of physical education, exercise science, and sport (18th ed.). McGraw-Hill.
Yunitaningrum, W., & Nugraha, S. (2021). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan jasmani untuk mendukung efektivitas pembelajaran. Jurnal Olahraga, 7(1), 22–34.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fypi Aldena, Evlyne Keriahenta, Maykel Octaloren, Orlando Pangihutan, Muhammad Tri Hamdani, Irwan Sigalingging, Ferdinando Sirumapea, Amir Supriadi , Muhammad Reza Destya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
