PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT JARAK PENDEK MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA ALAT BANTU PADA SISWA 
SMP NEGERI 281 JAKARTA

Penulis

  • Fawzan Anggara Universitas Mitra Karya
  • Zihan Novita Sari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.6279

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat jarak pendek. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara umum para guru tentang penggunaan penerapan metode yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil belajar. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VII J SMP Neegeri 281 Jakarta yang berjumlah 36 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 15 siswa atau 38,24% dengan nilai rata-rata 75,3. Pada siklus dua yang tuntas mencapai 33 siswa atau 92,18% dengan nilai rata-rata 84,40. Selain itu, dengan penerapan media alat bantu dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran lari cepat jarak pendek. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media alat bantu yang sederhana efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran lari cepat jarak pendek pada siswa kelas VII J SMP Negeri 281 Jakarta. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secara berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media alat bantu ini sebagai alternatif dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ARIESNA, R. D. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Lari Cepat Melalui Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat Pada Siswa Sd Kelas V. Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 64–70. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.3867

Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.

Mile, S., Lamusu, Z., & Jasmani, P. (2022). Hubungan power otot tungkai dengan kecepatan lari jarak pendek. 4(1), 1–9.

Sari, Z. N., Darmawan, A., Gemael, Q. A., Cicilia, P., Malang, U. N., Karawang, U. S., & Pgri, U. (2021). 1 , 2 , 3 , 4 ,. 4(Ii), 226–239.

Semester, K. I. V, Negeri, S. D., Kidul, L., Sumbersuko, K., Lumajang, K., Kelas, P. T., … Pelajaran, T. (2022). upaya meningkatkan prestasi beajar lari jarak pendek melalui penerapan modifikasi media pemebelajaran pada sisw kelas IV sdn labruk kidul kecematan su,bersuko kabupaten lumajang smester 1 tahun ajaran 2019. Jurnal Pendidikan Jasmani, II, 8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-31

Cara Mengutip

Anggara, F., & Sari, Z. N. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT JARAK PENDEK MELALUI PEMBELAJARAN MEDIA ALAT BANTU PADA SISWA 
SMP NEGERI 281 JAKARTA. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 1(2), 158–164. https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.6279