Peran Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Positif di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13086Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran manajemen humas dalam meningkatkan citra positif sekolah di SMP Negeri 04 Kayu Agung. Citra positif sekolah menjadi elemen penting dalam menarik minat calon siswa, mempertahankan kepercayaan masyarakat, serta memperkuat reputasi institusi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang terdiri dari siswa, orang tua, guru, dan staf sekolah sebagai sumber data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling untuk memastikan keterwakilan setiap kelompok. Instrumen penelitian disusun menggunakan skala Likert, dan telah diuji validitas serta reliabilitasnya melalui studi pendahuluan. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, seperti uji regresi dan korelasi menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen humas memainkan peran strategis dalam membangun citra positif sekolah melalui pemanfaatan media sosial, media tradisional, serta pelibatan masyarakat dalam kegiatan sekolah. Faktor internal seperti dukungan pimpinan sekolah dan kompetensi tim humas, serta faktor eksternal seperti kerjasama media dan perkembangan teknologi, turut memengaruhi keberhasilan strategi humas. Penyesuaian terhadap umpan balik masyarakat dan respons terhadap dinamika lingkungan menjadi kunci efektivitas dalam membentuk persepsi positif publik terhadap sekolah.
Downloads
References
Akmalia, N., Amra, A., & Fazis, M. (2022). Strategi Humas dalam Upaya Peningkatan Citra Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 37–44.
Alifiah, N. H., & Roesminingsih, E. (2018). Pengaruh manajemen humas dan citra sekolah terhadap minat orang tua di sub rayon 34 surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 6(2).
Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103–126.
Batoebara, M. U., & Zebua, D. (2021). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Positif Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Network Media, 4(2), 20–39. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1403
Elyus, D. S., & Sholeh, M. (2021). Strategi humas dalam meningkatkan citra sekolah di era pandemi covid 19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 281–289.
Harini, I. N. (2014). Manajemen hubungan masyarakat dalam upaya peningkatan pencitraan sekolah (studi kasus di SMP Al Hikmah Surabaya). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 8–20.
Hasdiana, U. (2018). Manajemen Humas Di Instansi Pendidikan. In Analytical Biochemistry (Vol. 11, Issue 1). Erlangga.
Jannah, S. R., Muhibah, S., & Khairunnas, K. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat: Strategi Mempertahankan Citra Positif Sekolah. JMiE (Journal of Management in Education), 3(1), 20–29.
Khorotunniswah, L. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 176–189. https://doi.org/10.15642/jkpi.2020.10.2.176-189
Ningsih, I. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11–21.
Ningsih, I., . A., & . H. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2495
Purwo, R. H. S., & Puspasari, D. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 458–467. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467
Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 34–37.
Rizki, A., & Ary, M. H. A. A. (2021). Manajemen Humas dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rantauprapat. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(3), 335–341.
Rusyanti, T., Arafat, Y., & Destiniar, D. (2021). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Citra Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 753–762.
Stocks, N. (2016). MANAJEMEN HUMAS LEMBAGA PENDIDIKAN.
Sumendap, R. (2021). Humas Dalam Membangun Citra Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tondano. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1435. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1435-1442.2021
Syahputra, D. I., Hendra, Y., & Hidayat, T. W. (2018). Peran Humas Dalam Membangun Citra Pemerintahan Sumatera Utara Pada Kantor Biro Humas Gubernur. Perspektif, 7(1), 24–29. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2523
Yilfiana, D. (2021). Peran manajemen humas dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi di SMAN 14 Bone. Jurnal Mappesona, 4(2), 70.
Zikri, M., & Simon, J. (2020). Peran Humas dalam Membentuk Citra Positif pada Pemerintah Kota Medan. Jurnal Network Media, 3(1), 80–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Jaelani, Putri Widiya Astuti, Ade Akhmad Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
