KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TAHFIDZ AL-QUR'AN DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG

Authors

  • Tias Riandini Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Sindy Fatika Sari Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ade Akhmad Saputra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9227

Abstract

Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan faktor penting dalam keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional, khususnya dalam pembelajaran. Dengan adanya kepemimpinan yang efektif, maka ada program Tahfidz al-Qur'an yang dapat mendorong perkembangan dan kemajuan kegiatan sekolah. Disinilah diperlukan bimbingan utama dalam program Tahfidz al-Qur'an di MA Al – Fatah Palembang. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji kepemimpinan pengarah program Thfidz al-Qur’an di MA Al – Fatah Palembang. Rumusan masalah yang dikemukakan penulis adalah: “Bagaimana keterlibatan Kepala Sekolah dalam menggerakkan, memimpin, menciptakan dan mendorong program Tahfidz al-Qur’an di MA Al – Fatah Palembang dalam pengelolaan Tahfidz al-Qur’an?" Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan peran kepemimpinan direktur dalam pengelolaan program Tahfidz al-Qur'an di MA Al – Fatah Palembang. Sebagai teknik pengumpulan data digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi diperoleh langsung dari responden kepala madrasah, melalui analisis data. Dalam pengujian keabsahan data dilakukan melalui observasi dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan Direktur Program Tahfidz al- MA Al – Fatah Palembang telah dilaksanakan yang dibuktikan dengan menggerakkan, membimbing, menciptakan komunikasi dan motivasi bagi guru, pembina Tahfidz serta santri dalam kelancaran pelaksanaan program Tahfidz. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pengelolaan program Tahfidz Al-Qur’an di MA Al – Fatah Palembang di bawah arahan Kepala Sekolah yang selalu menggerakkan, membimbing, menjalin hubungan dan juga memotivasi guru-guru Tahfidz juga bagi pembina dan siswa sesuai dengan tujuan program Tahfidz sekolah ini untuk mewujudkan visi dan misi

Kata kunci : Kepemimpinan, kepala sekolah, tahfidz Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin W. Al-Hafidz. n.d. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariani, Safrina, and Realita. 2015. “Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qurâ€TMan Mahasiswa PAI).” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.

Asmani Jamal Ma‘mur. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: diva press.

Atoillah, M. T., & Ferianto, F. (2023). Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP N 1 Pangkalan. Jurnal Pendidikan, 32(1), 113-120.

Dahlan, Moh. Nur Hidayatullah Moh. Zaini. 2019. Menjadi Kepala Sekolah Ideal, Efektif, Dan Efisien. Malang: Literasi Nusantara.

Mulyadi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang: Maliki Press.

Nizhan Abu. 2008. Buku Pintar Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media.

Nurul Hidayah. 2016. “Startegi Pembelajaran Tahfidzil Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Ta‟allum 04: 65.

Nurkhalizah, E. (2023). Implementasi Storytelling dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TKIT Harapan Umat Karawang. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(1), 57-69.

Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Penyusun. n.d. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Piet A. Sahertian. 1994. Profil Pendidik Professional. Jogjakarta: Andi Offset.

Purwanto Ngalim. 2010. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2000. Interaksi Dan Motivasi. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Soetjipto, Raflis Kosasi. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugino. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. 2006. Bandung.

Undang-Undang System Pendidikan Nasional 1. 2008. Jakarta.

Veithzal Rivai. 2012. Kepemimpinan Dan Prilaku Organisasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Wahjosumidjo. 2011. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yukl, Gary. 2015. “Leadership In Organization, –Kepemimpinan Dalam Organisasi.” Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2023-06-27

How to Cite

Riandini, T., Sari, S. F., & Saputra, A. A. (2023). KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 31–41. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.9227