Pengawasan Kedisplinan Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abatatsa Lahat

Authors

  • Sefria Nisa Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leni Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dian Safitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13112

Abstract

Pengawasan kedisiplinan guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Abatatsa Lahat  memiliki rumusan masalah yaitu, bagaimana pengawasan kedisiplinan guru di SD IT Abatatsa Lahat dan apakah kendala dan solusinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana pengawasan kedisiplinan guru di SD IT Abatatsa Lahat dan apakah kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan, kepala sekolah,  waka kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Metode ini memastikan data yang valid dan reliable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana pengawasan kedisiplinan guru di SD IT Abatatsa Lahat telah berjalan dengan baik dan terorganisir. Dilaksanakan dengan mengacu pada tiga indikator yaitu pemantauan, pemeriksaan, dan pengarahan. Adapun kendala yang dihadapi yaitu faktor tanggung jawab keluarga dan faktor individu atau pribadi guru. Solusi terhadap kendala tersebut berupa membuka ruang komunikasi antara pihak manajemen dan guru, pemberian sanksi atau teguran secara bertahap sesuai aturan yang berlaku, serta pemanfaatan teknologi untuk memantau kehadiran dan kinerja guru secara efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengawasan kedisiplinan guru telah berjalan sesuai prosedur dan dinilai telah baik dengan masing-masing indikator yang telah dijalankan. Pengawasan yang suportif dan konsisten berdampak positif terhadap kedisiplinan dan kualitas kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitisn Kualitatif. In Syakir Media Press.

Ali Sadikin. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. K-Media.

Asmani, J. M. (2010). Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Diva Press.

Bhoki, H., & Bawa Toron, V. B. T. (2023). Implementasi Fungsi Pengarahan dan Pengendalian dalam Manajemen Pendidikan di SMP Panggudi Luhur Domenico Savio Semarang. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.154

Daryanto. (2010). Administrasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Dewi, A. &. (2019). Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, dan Motivasi terhadap Prodiktivitas Karyawan. E-Journal Management, 8 Nomor 1.

Fionita, W., Lauchia, R., Windari, S., & Wijaya, H. A. (2024). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5732–5739. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4535

Hasibuan, M. S. P. (2014). Dasar,Pengertian,Dan Masalah. In Manajemen. Bumi Aksara.

Ibrahim, I., Niswah, C., & Ramlah, P. M. (2024). Pengawasan Kepala Sekolah tentang Kedisiplinan Guru di MTs Ilham Palembang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 10–21.

Indonesia, U.-U. R., & Undang-Undang, R. I. (2003). Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Juita, F., Masad, M., & Arif, A. (2020). Peran Perempuan pedagang sayur keliling dalam menopang ekonomi keluarga pada masa pandemi covid-19 di Kelurahan Pagesangan Kecamatan Mataram Kota Mataram. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(2), 100–107.

Lubis, S. A. (2023). Sawab dan ’Iqab untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa di Pondok Pesantren Modern. Scopindo Media Pustaka.

M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika. (2018). Pengantar Manajemen. In Pengantar Manajemen.

Manullang, M. (2001). Dasar-Dasar Manajemen. Gadjah Mada University Press.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Samura, I. S. (2017). PENGARUH PENGAWASAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI KANTOR BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN ROKAN HULU. JOM Fekon.

Siagian, S. P. (2017). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.

Sugiono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. (2022a). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat : Eksploratif, Enterpretif, dan Konstruktif). Alfabeta.

Sugiyono. (2022b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Rineka Cipta.

Winarso, M. & W. (2020). Pengantar Manajemen. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Nisa, S., Marlina, L., & Safitri, D. (2024). Pengawasan Kedisplinan Guru di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abatatsa Lahat . Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(02), 77–92. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13112