Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Firda Fadila Ghassani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Dian Safitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13110

Abstract

Kepemimpinan transformasional merupakan pendekatan kepemimpinan yang berorientasi pada perubahan dan peningkatan kualitas kinerja organisasi melalui inspirasi, motivasi, dan pemberdayaan sumber daya manusia. SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin dipilih sebagai lokasi penelitian karena kepala sekolah di sana telah menerapkan model kepemimpinan ini, meskipun masih terdapat tantangan seperti kurangnya kreativitas guru dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, beberapa prestasi siswa mencerminkan hasil positif dari pendekatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Kepemimpinan transformasional dianggap mampu memberikan pengaruh signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, motivasi guru, dan prestasi siswa melalui pendekatan visioner dan inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru, staf administrasi, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan budaya kerja yang positif melalui visi yang jelas, komunikasi terbuka, dan pelatihan profesional. Faktor pendukung meliputi kerja sama tim, ketersediaan teknologi, dan dukungan dari pihak sekolah. Namun, ditemukan pula hambatan seperti keterbatasan pemahaman teknologi oleh beberapa guru senior, kurangnya inovasi dalam strategi pembelajaran dan resistensi perubahan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan transformasional, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Andriani, N., & Kamaruddin, S. A. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah kejuruan. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.52742

Burns, J. M. (2010). Leadership. New York: HarperCollins.

Dalilah, I. (2019). Strategi Pendampingan Berkelanjutan sebagai Alternatif Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 59–63. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1690

Danim, S. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional ke Kepala Sekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gunter, H., Hall, D., & Bragg, J. (2013). Distributed Leadership: A Study in Knowledge Production. Educational Management Administration and Leadership, 41(5), 555–580. https://doi.org/10.1177/1741143213488586

Hansen, F., Smith, M., & Hansen, R. B. (2002). Rewards and Recognition in Employee Motivation. Compensation & Benefits Review, 34(5), 64–72. https://doi.org/10.1177/0886368702034005010

Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hydayati, A. Z., & Suhariyadi, F. (2020). Pengaruh Transformational Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Innovative Behavior Sebagai Variabel Mediator Di BPJS Ketenagakerjaan. Business and Finance Journal, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33086/bfj.v5i1.1491

Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187

Komariah, A., & Triatna, C. (2019). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational School Leadership For Large-Scale Reform: Effects on Students, Teachers,aAnd Their Classroom Practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nugroho, D., Nurjanah, N., Karmila, N., Wanti, R., Putra, T. P., & Dewi, Y. P. (2024). Pendekatan Kepemimpinan (Leadership) yang Menginspirasi Perubahan yang Fundamental. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(6), 117–124. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1290

Pratama, G. D. (2021). Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Cipta Media Nusantara.

Putri, K. R. A., Suryadi, & Rahmawati, D. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 89 Jakarta. Intelektium, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37010/int.v1i1.64

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sanusi, H. P., & Astuti, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3288

Subagia, E., & Hidayat, D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kecerdasan, Emosional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 49–66.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukatin, Hariyanto, M., Sholehah, J., Indah, R., Latifah, S., & Ramadhani, S. H. (2022). Educational Transformational Leadership. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 181–189.

Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidkan. Bandung: Remaja Rsdakarya.

Suriagiri, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Melaksanakan Inovasi Pendidikan Di MTSN Model. Lhokseumawe: CV. Radja Publika.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.

Wuradji. (2009). The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformasional). Yogyakarta: Gama Media.

Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations. New York: Pearson Education Inc.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ghassani , F. F., Setyaningsih, K., & Safitri, D. (2025). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 9(01), 43–54. https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13110