Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13110Abstract
Kepemimpinan transformasional merupakan pendekatan kepemimpinan yang berorientasi pada perubahan dan peningkatan kualitas kinerja organisasi melalui inspirasi, motivasi, dan pemberdayaan sumber daya manusia. SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin dipilih sebagai lokasi penelitian karena kepala sekolah di sana telah menerapkan model kepemimpinan ini, meskipun masih terdapat tantangan seperti kurangnya kreativitas guru dan pemanfaatan teknologi. Selain itu, beberapa prestasi siswa mencerminkan hasil positif dari pendekatan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan transformasional kepala sekolah di SMA Puspita Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Kepemimpinan transformasional dianggap mampu memberikan pengaruh signifikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran, motivasi guru, dan prestasi siswa melalui pendekatan visioner dan inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru, staf administrasi, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan budaya kerja yang positif melalui visi yang jelas, komunikasi terbuka, dan pelatihan profesional. Faktor pendukung meliputi kerja sama tim, ketersediaan teknologi, dan dukungan dari pihak sekolah. Namun, ditemukan pula hambatan seperti keterbatasan pemahaman teknologi oleh beberapa guru senior, kurangnya inovasi dalam strategi pembelajaran dan resistensi perubahan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas kepemimpinan transformasional, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.
Downloads
References
Ambarita, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Andriani, N., & Kamaruddin, S. A. (2024). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah kejuruan. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.26858/edustudent.v3i2.52742
Burns, J. M. (2010). Leadership. New York: HarperCollins.
Dalilah, I. (2019). Strategi Pendampingan Berkelanjutan sebagai Alternatif Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 59–63. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1690
Danim, S. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional ke Kepala Sekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunter, H., Hall, D., & Bragg, J. (2013). Distributed Leadership: A Study in Knowledge Production. Educational Management Administration and Leadership, 41(5), 555–580. https://doi.org/10.1177/1741143213488586
Hansen, F., Smith, M., & Hansen, R. B. (2002). Rewards and Recognition in Employee Motivation. Compensation & Benefits Review, 34(5), 64–72. https://doi.org/10.1177/0886368702034005010
Harsoyo, R. (2022). Teori Kepemimpinan Transformasional Bernard M. Bass dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.112
Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Hydayati, A. Z., & Suhariyadi, F. (2020). Pengaruh Transformational Leadership Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Innovative Behavior Sebagai Variabel Mediator Di BPJS Ketenagakerjaan. Business and Finance Journal, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.33086/bfj.v5i1.1491
Iqbal, M. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Upaya Pengembangan Sekolah/Madrasah. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 119–129. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12187
Komariah, A., & Triatna, C. (2019). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Leithwood, K., & Jantzi, D. (2006). Transformational School Leadership For Large-Scale Reform: Effects on Students, Teachers,aAnd Their Classroom Practices. School Effectiveness and School Improvement, 17(2), 201–227. https://doi.org/10.1080/09243450600565829
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nugroho, D., Nurjanah, N., Karmila, N., Wanti, R., Putra, T. P., & Dewi, Y. P. (2024). Pendekatan Kepemimpinan (Leadership) yang Menginspirasi Perubahan yang Fundamental. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(6), 117–124. https://doi.org/10.61722/jiem.v2i6.1290
Pratama, G. D. (2021). Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Cipta Media Nusantara.
Putri, K. R. A., Suryadi, & Rahmawati, D. (2020). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 89 Jakarta. Intelektium, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37010/int.v1i1.64
Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sanusi, H. P., & Astuti, A. (2018). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3288
Subagia, E., & Hidayat, D. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kecerdasan, Emosional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 49–66.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukatin, Hariyanto, M., Sholehah, J., Indah, R., Latifah, S., & Ramadhani, S. H. (2022). Educational Transformational Leadership. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 181–189.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidkan. Bandung: Remaja Rsdakarya.
Suriagiri, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Melaksanakan Inovasi Pendidikan Di MTSN Model. Lhokseumawe: CV. Radja Publika.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfabeta.
Wuradji. (2009). The Educational Leadership (Kepemimpinan Transformasional). Yogyakarta: Gama Media.
Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations. New York: Pearson Education Inc.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firda Fadila Ghassani , Kris Setyaningsih, Dian Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
