PELAJARAN DARI GURU BUDI

Authors

  • Masykur H Mansyur IAIN Syekh Nurjati Cirebon DPK Unsika Karawang

Abstract

Berbagai kasus yang terjadi di lembaga pendidikan akhir-akhir ini cukup menghentak kesadaran kita bangsa Indonesia. Kasus guru dipenjara karena tuntutan orang tua murid, kasus guru dipukul oleh orang tua murid, dan terakhir ini kasus guru meninggal akibat dianiaya oleh muridnya sendiri.

Salah satu tugas guru adalah memberikan nasihat kepada murid-muridnya agar murid melaksanakan kegiatannya sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh gurunya, bukan sebaliknya mengabaikan, apalagi membantah dan melawan kepada gurunya-selama apa yang diperintahkan oleh guru tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam ajaran Islam penghormatan kepada guru sangat ditekankan, bukan hanya figur guru itu sendiri, tapi juga keluarga dan kerabatnya Hal ini merupakan bagian dari ta’zhim al-‘ilm atau mengagungkan ilmu. Menghormati seseorang karena keilmuannya adalah bagian dari menghormati ilmu. Karena itu di dalam Islam sangat dilarang untuk menyakiti guru, apalagi menganiaya bahkan membunuhnya seperti yang terjadi baru-baru ini “Siapa yang menyakiti gurunya, maka ia pasti terhalang keberkahan ilmunya, dan hanya sedikit saja ilmunya bermanfaat.”

 

Kata Kunci: Guru, Siswa, Ta’zhim al-‘ilm,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adian Husaini (2012). Pendidikan Islam Memebentuk manusia Berkarakter dan Beradab, Jakarta : Cakrawala Publishing dan Adabi Press.

Al-Ghazali, Adab fi al-Din (2000) Terj. A.M.Basalamah, Adab Dalam Agama, Jakarta: Gema Insani Press.

Hamka (2015). Tafsir al-Azhar, Jilid 7, Jakarta : Gema Insani Press.

Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

R Laeny Susilawati dan Reni Ridarineni (2018), Republika Koran, Momentum Evaluasi Pendidikan, Selasa 6 Pebruari 2018.

Ratna Megawangi (2007), Semua Berakar pada Karakter, Isu-isu Permasalahan Bangsa, Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Republika Koran Eko Widianto dan Andrian Saputra, Simpati Mengalir Untuk Pak Guru Budi, Selasa, 6 Pebruari 2018

Republika Online, Guru Budi Sempat Ceritakan Pemukulan Dirinya, Jum’at 2 Pebruari 2018.

Syekh al-Zarnuji, Ta’lim Muta’alim, Terj, Ahmad Sunarto, Etika Menuntut Ilmu, Bandung, Husaini, t.t,

Thomas Lickona (2016), Caracter Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues, Terj. Juma Abu Wamaungo & Jean Antunes Rudolf Zien, Caracter Matters Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya, Jakarta: Bumi Aksara.

Wan Mohd Wan Daud (2003), the educational Philoshopy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas Terj, Hamid Fahmi dkk, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Syed M., Bandung, MIzan.

Published

2018-06-01

How to Cite

Mansyur, M. H. (2018). PELAJARAN DARI GURU BUDI. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1344