KAIDAH ASASI DALAM PENDIDIKAN

Authors

  • Masykur H Mansyur IAIN Syekh Nurjati Cirebon DPK Unsika Karawang

Abstract

Ide dasar dari kertas kerja ini adalah dari pandangan Abdullah Nasih Ulwan tentang “Kaidah-kaidah Asasi dalam Pendidikan Anak”. Pandangan Nasih Ulwan berdasarkan tinjauan filsafat pendidikan, yaitu pendidikan dalam konteks keseluruhan prinsip-prinsip kehidupan manusia. Tujuan pendidikan, menurutnya adalah menekankan pada terbentuknya generasi yang sempurna kepribadiannya, pikirannya, akhlaknya, dan terhindar dari bahaya kejiwaan.
Pendidikan terhadap anak merupakan faktor penting yang sangat diperhatikan di dalam Islam. Sejarah mencatat ada banyak kaidah pendidikan yang dicetuskan oleh Islam. Walaupun kurun bisa berganti, kaidah-kaidah tersebut tetap masih relevan untuk diterapkan di lembaga pendidikan, baik itu lembaga pendidikan formal? informaldan non formal. Hanya saja, konsep yang luhur ini mulai diabaikan oleh beberapa kalangan pendidik. Padahal isinya tidak hanya mementingkan pendidikan yang berifat duniawi, tapi juga ukhrawi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmansyah, M. Tujuan Pendidikan Rohani dalam Perspektif dalam pendidikan sufistik, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Program Pascasarjana IAIN Raden intan lampung, 2016,

Al-Attas, Syed Muhammad, Islamand Secularism, Terj. Khalif Muammar, Islam dan Sekularisme, Bandung, Institut pemikiran Islam dan Pembangunan Insan, 2010

Gulen, M.Fethullah Prophet Muhammad Ascpects of His Life Terj. Tri Wibowo Budi Santoso Versi terdalam Kehidupan Rasul Allah Muhammad saw, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2002.

Husaini, Adian, Kecerdasan dan Keimanan, Hamid Fahmi Zarkasyi, https://www.facebook.com.fansadianhusaini, di unduh pada tanggal 11 November 2019, pukul 15.01.

Imarah, Muhammad, al-Islam wa al-Amnu, al-Ijtima’i, Terj, Abdul Hayyie al-Kattani, Islam dan Keamanan Sosial, Jakarta, Gema insani Press, 1998.

Laila Binti Abdurrahman al-Juraibah, Kaifa Turabbi Waladak, Terj. Ibnu Muslih, Mendidik dengan Islam, Meneladani Nabi dalamMendidik Buah Hati, Klaten, Inas Media, 2012.

Langgulung, Hasan, Psikologi dan Pendidikan Islam, dalam Hasan Langgulung, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan islam, Bandung, PT. Al-Ma?arif, 1980

Megawangi, Ratna, Semua Berakar pada Karakter Isu-isu Permasalahan Bangsa, Jakarta Lembaga Penerbit Fakultas ekonomi Universitas Indonesia, 2007.

Mustafa, Syaikh Fuhaim, Manhaj al-thifli al-Muslim, Ter. Wafi Marzuki Ammar, Kurikulum Pendidikan Anak Muslim, Surabaya: Pustaka Elba,

Nawawi, Imam, Adab al-Alim wa al-Muta’allim wa Adab al-Mufti wa al-Mustafti, terj. Hijrian A. Prihantoro, jogyakarta, diva Press, 2018.

Ulwan, Abdullah Nasih, Tarbiyah al-‘Awlad fi al-Islam, Terj.Arif Rahman Hakim, Pendidikan Anak dalam Islam, Solo, Insan Kamil, 2017.

Zarkasyi, Hamid Fahmi, Artikel Indonesia Tanpa JIL, tentang Atheis, https://ide-ide.facebook.com. Di unduh 11 November 2019, pukul 11.24.

Published

2019-10-01

How to Cite

Mansyur, M. H. (2019). KAIDAH ASASI DALAM PENDIDIKAN. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/3167