MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DAN SOLUSINYA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Jaenal Abidin Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Unsika
  • Ilham Fahmi

Abstract

Media sosial dewasa ini bermacam-macam bentuk serta fitur untuk memanjakan para pengguna (user), namun yang paling banyak dikenal dan digandrungi oleh kalangan ramaja khusunya siswa atau pelajar sekolah adalah facebook, twitter, instagram, whatsapp dan masih banyak lagi termasuk yang paling baru. Kemudahan akses jejaring seperti saat ini sangat memudahkan remaja untuk dapat mengakses media sosial tanpa mempertimbangkan baik dan buruk yang akan mereka peroleh. Kehidupan remaja yang berorientasi pada materi, akhirnya dapat berdampak pada miskinnya rohani yang pada akhirnya akan membawa remaja kepada kehidupan yang menyimpang akibat dari derasnya arus globalisasi.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode qualitative research dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian secara serius dan mendalam maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa Media sosial sudah menjadi kebutuhan dan tidak dapat dipisahkan dari para siswa, sebagai bentuk eksistensi mereka didalam komunitas mereka. Dalam penggunaannya, media sosial memiliki dampak positif dan negatif tergantung pada etika atau kaidah user (pengguna) dalam berinteraksi dengan media sosial, Sedangkan solusi untuk membentengi siswa dalam menggunakan media sosial adalah perlunya pembekalan Pendidikan Agama Islam di sekolah secara sistematis, serius serta menyeluruh, sebagai benteng diri yang kokoh bagi siswa. Pendidik hendaknya memiliki kompetensi serta kapasistas yang baik dalam mengakses teknologi informasi dan komunikasi kemudian membangun komunikasi serta kerja sama yang harmoni antara orang tua sehingga tercipta pembagiana tugas pengawasan dan pemantauan yang harmoni sehingga perilaku interaksi siswa dengan media sosial dapat terpantau, terkontrol serta terkendali.
Kata Kunci: Media Sosial, Perilaku Keberagamaan Siswa, Pendidikan Agama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons 53.

Creswell, Jhon. W. (2012). Educational Reseach : Planing, Conducting, and Evaluating quantitative and qualitative reseacrh. Person Education, Inc.

Guba, E.G & Lincoln Y.S. (1994). Effektif Evaluation. Improving The Usefulness Of Evaluations Result Through Responsive And Naturalistic Approaches. Jassey-Bass Inc. Publisher.

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khadza, Fi Leysa. (2013). Cara Mudah Mengenal dan Membaca Karakter dan Kepribadian Orang Lewat Internet. Jogya : Mantra Book.

Komala, Lukiati, (2009). Ilmu komunikasi,prespektif, Proses, dan Konteks. Surabaya:Widya Padjajaran. Noegroho, Agoeng. (2010) Teknologi Kominikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Pengurus Besar Mathla’ul Anwar. (2009) Profil Singkat Mathla’ul Anwar. Jakarta : PBMA. Rahmad. (2009). Meraih Berkah dan Pahala Melalui Internet. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo. Sarwono, W. Sarlito. (2012). Psikologi Remaja, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Published

2019-01-01

How to Cite

Abidin, J., & Fahmi, I. (2019). MEDIA SOSIAL DALAM MEMPENGARUHI PERILAKU KEBERAGAMAAN SISWA DAN SOLUSINYA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(02). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1770