IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA RELIGIUS (STUDI DESKRIPTIF DI SDIT TAHFIZH QUR’AN AL-JABAR)

Penulis

  • Abdul Jalil Fakultas Agama Islam Unsika
  • Amirudin Fakultas Agama Islam Unsika
  • Acep Nurlaeli Fakultas Agama Islam Unsika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pendidikan karakter di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar. 2) Untuk mengetahui budaya religius di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar. 3) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis budaya religius di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menitik beratkan pada pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data (display data), penarikan sebuah kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: Pendidikan karakter yang ada di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar menekankan kepada 4 aspek nilai yaitu: (1) Religius; (2) Disiplin; (3) Bertanggung Jawab; (4) Gotong royong. Religius yang dimaksud ialah religius Islami. Budaya religius yang ada di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar merupakan budaya yang Islami dan Qur’ani, budaya karakter Islami dalam aktivitasnya yaitu budaya Shalat Dhuha, Murojaah, Shalat Dzuhur, Tadarus, Shalat Ashar, dan budaya kebersihan dan lain sebagainya. Implementasi pendidikan karakter berbasis budaya religius di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar, diwujudkan melalui 3 tahapan, yang pertama melalui nilai-nilai religius Islami, meliputi: keteladanan, pembiasaan, penanaman kedisiplinan dan kejujuran. Melalui aktivitas-aktivitas Islami, meliputi: aktivitas harian, aktivitas mingguan, aktivtas bulanan dan aktivitas tahunan. Kemudian yang terakhir melalui simbol-simbol Islami meliputi: Mushalla, logo sekolah dan dekorasi Islami yang terpasang di lingkungan sekolah sesuai ajaran Islam juga kata-kata mutiara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-26