PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KEBIASAAN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI SDIT AL ISTIQOMAH DAN MIS AL-‘IANAH KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Sofyan Iskandar Fakultas Agama Islam Unsika
  • Amirudin Fakultas Agama Islam Unsika
  • Acep Nurlaeli Fakultas Agama Islam Unsika

Abstrak

Karakter bisa diartikan bagaimana mengaplikasikan atau mengukir nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku, sehingga orang yang tidak jujur, kejam, rakus, dan berperilaku jelek dikatakan orang berkarakter jelek. Sebaliknya, orang yang perilakunya sesuai dengan kaidah moral disebut orang berkarakter mulia. Dalam menumbuhkan pendidikan karakter, perlu adanya kesadaran dari berbagai pihak untuk memulai dan menjadi pembiasaan. Pendidikan berperan kuat dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian mengenai penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat peserta didik di SDIT Al–Istiqomah dan MI Al–I‟anah Kabupaten Karawang. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan pada nilai – nilai pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter dalam meningkatkan ibadah shalat. Sumber data dalam penelitian ini adalah SDIT Al-Istiqomah dan MI Al-I‟anah. Proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-26