PESAN DAN MAKNA DAKWAH ISLAM DALAM FILM ANALISIS ISI DESKRIPTIF PESAN DAN MAKNA DAKWAH ISLAM DALAM FILM TAUSIYAH CINTA

Penulis

  • Nurhasanah Ridwan
  • Mayasari Mayasari

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1413

Abstrak

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan dan makna dakwah Islam yang terkandung dalam adegan-adegan film Tausiyah Cinta berdasarkan kategori-kategori pesan dakwah yang peneliti sudah tentukan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan data yang terdapat dalam film Tausiyah Cinta dan dianalisis dengan menggunakan analisis isi deskriptif dengan memfokuskan pada tiga kategori isi pesan dakwah yaitu Akidah, Akhlak, dan Syariah.

Hasil penelitian menunjukan adanya kandungan pesan dakwah yang tampak dan makna yang tersembunyi ada dalam adegan-adegan film Tausiyah Cinta. Sebagian besar film ini mengandung pesan dan makna dakwah kategori syariah Islam. Seperti pesan dakwah untuk selalu bersabar menghadapi ujian hidup, menjalani kehidupan berdasarkan tuntunan Islam, dan saling mengingatkan sesama manusia.

Kata Kunci : Dakwah, Film, Media Massa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-31

Cara Mengutip

Ridwan, N., & Mayasari, M. (2018). PESAN DAN MAKNA DAKWAH ISLAM DALAM FILM ANALISIS ISI DESKRIPTIF PESAN DAN MAKNA DAKWAH ISLAM DALAM FILM TAUSIYAH CINTA. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 78. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1413

Terbitan

Bagian

Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama