IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN KONVENSIONAL DALAM IKLAN KARTU PERDANA DI TELEVISI

Penulis

  • Mayasari Mayasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yuyun Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.298

Abstrak

Penelitian yang berjudul “Analisis Implikatur dalam Wacana Iklan Kartu Perdana di Televisi” ini merupakan analisis wacana dialog. Banyaknya produk kartu perdana yang ada saat ini menyebabkan munculnya iklan-iklan kartu perdana di televisi.Wacana iklan di televisi mengandung pesan-pesan khusus atau makna tersirat yang terkandung dalam sebuah iklan kurang diperhatikan oleh masyarakat dalam memilih dan menentukan suatu produk dan jasa. Hal ini terjadi karena masyarakat kurang memahami maksud atau implikasi yang terdapat dalam iklan. Dengan kata lain, masyarakat kurang memahami implikatur yang terdapat dalam iklan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran implikatur dalam wacana iklan kartu perdana di televisi sehingga objek penelitian ini adalah iklan kartu perdana di televisi. Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan dan mengungkapkan faktafakta yang ada dalam iklan kartu perdana yang ada di televisi.Temuan dari penelitian ini secara khusus dapat dijadikan sebagai sarana pemahaman bagi masyarakat tentang bahasa iklan yang mengandung implikatur sehingga masyarakat dapat memilih produk dengan cermat.

Kata kunci: Implikatur, Iklan, Kartu Perdana

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-07-27

Cara Mengutip

Mayasari, M., & Yulianti, Y. (2016). IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN KONVENSIONAL DALAM IKLAN KARTU PERDANA DI TELEVISI. Jurnal Politikom Indonesiana, 1(1), 55. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.298

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama