STUDI DESKRIPTIF MENGENAI POLA ASUH ORANG TUA YANG BERLATARBELAKANG MILITER DI ASRAMA X

Penulis

  • Yanti Tayo

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1426

Abstrak

ABSTRAK

 

Setiap orang tua memiliki pengasuhan yang berbeda-beda, faktor yang dapat mempengaruhi pola asuh salah satunya adalah lingkungan pekerjaan orang tua, pada orang tua berlatar belakang militer terbiasa dengan kedisiplinan dan aturan ketat pada lingkungan pekerjaannya.

Penelitian ini mendeskripsikan tipe pola asuh pada keluarga yang memiliki latar belakang militer (TNI) dengan menggunakan tiga tipe pola asuh yang dikembangkan oleh Baumrind (1971): yang terdiri dari pola asuh otoriter, demokratis dan permisif, desain non-eksperimental dengan pendekatan deskriptif dan metode kuantitatif. Responden terdiri dari 276 orang tua yang bekerja dan tinggal di asrama militer. Pengambilan data responden menggunakan simple random sampling dengan metode probability sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan PAQ yang terdiri dari 30 pernyataan yang akan menggambarkan masing-masing tipe pola asuh.

Hasil riset menunjukkan bahwa 236 orang tua menerapkan tipe pola asuh demokratis, sementara 33 tipe otoriter dan 7 termasuk tipe pola asuh permisif. Hal ini menandakan bahwa sebagian besar orang tua yang militer masih menerapkan komunikasi dua arah pada anak, meskipun pada lingkungan pekerjaan militer sebagai seorang prajurit TNI membuatnya memiliki kedisiplinan yang tinggi dalam pekerjaannya. Lingkungan memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak, maka sebaiknya orang tua menerapkan hal-hal yang baik untuk diterapkan pada anak-anak ke arah perilaku yang positif dan kreatif.

 

Kata kunci : Demokratis, Otoriter, Permisif, Keluarga Militer

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-07-31

Cara Mengutip

Tayo, Y. (2018). STUDI DESKRIPTIF MENGENAI POLA ASUH ORANG TUA YANG BERLATARBELAKANG MILITER DI ASRAMA X. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1), 227. https://doi.org/10.35706/jpi.v3i1.1426

Terbitan

Bagian

Vol 3, No 1 (2018): Jurnal Politikom Indonesiana