Presentasi Diri Laki-laki Terhadap Wanita Yang Disukai (Kajian Dramaturgi Mengenai Bentuk Presentasi Diri Laki- laki Terhadap Wanita Yang Disukai di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang)

Penulis

  • Adji Rezqy Dwijaya Irawan
  • Siti Nursanti
  • Yanti Tayo
  • Wahyu Utamidewi

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.2000

Abstrak

Penelitian ini untuk mengentahui mengenai Presentasi Diri Laki-Laki Terhadap Wanita Yang Disukai (Kajian Dramaturgi Mengenai Bentuk Presentasi Diri Laki-laki Terhadap Wanita Yang Disukai di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang). Sub fokus untuk penelitian ini adalah Front Stage dan Back Stage para Laki-laki di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsika. Melalui sub fokus tersebut semoga penelitian ini bisa mendaptkan hasil yang peneliti harapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan kajian dramaturgi. Infoman dalam penelitian ini sebanyak enam orang yaitu mahasiswa ilmu komunikasi unsika. Pemilihan informan tersebut menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan data penelitian ini diperoleh dengan wawancara yang mendalam dan observasi. Untuk analisis data peneliti menggunakan cara mengumpulkan data, mengkaji data, mereduksi dan membuat kesimpulan. Hasil data yang didapat saat di Front Stage seorang laki-laki merubah dirinya saat berada didepan wanita yang disukai, entah itu cara berpakaian atau berperilaku. Sedangkan di Back Stage seorang laki-laki disini menjadi peribadi yang seutuhnya dan tidak ada perubahn sedikitpun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Presentasi Diri yang dilakukan laki-laki didepan wanita yang disukainya adalah mereka menampilkan dirinya yang baik dan menutupi penampilan mereka yang buruk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-07-25

Cara Mengutip

Dwijaya Irawan, A. R., Nursanti, S., Tayo, Y., & Utamidewi, W. (2019). Presentasi Diri Laki-laki Terhadap Wanita Yang Disukai (Kajian Dramaturgi Mengenai Bentuk Presentasi Diri Laki- laki Terhadap Wanita Yang Disukai di Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Politikom Indonesiana, 4(1), 177–185. https://doi.org/10.35706/jpi.v4i1.2000

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>