MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN KARAWANG

Penulis

  • Maulana Rifai

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.328

Abstrak

Abstrak
Perubahan  struktur  politik  di  Indonesia  setelah  jatuhnya  rezim  Soeharto  dianggap  sebagai  angin
segar bagi tumbuhnya demokrasi di negeri ini. Lahirnya partai-partai baru dan perubahan sistem
pemilu  membawa  dinamika  baru  perpolitikan  nasional.Di  era  multipartai  seperti  sekarang  ini,
marketing  politik  menjadi  kebutuhan  yang  tidak  terelakkan,  tak  terkecuali  partai  Gerindra  yang
bisa dianggap partai medioker untuk bisa memenangkan kontestasi politik pada pemilu legislatif
2014.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif analitis yang
bertujuan  untuk  menggambarkan  gejala  atau  kenyataan  yang  ada.  Temuan  dalam  penelitian  ini
mengkonfirmasi bahwa partai Gerindra menggunakan strategi marketing politik yang terdiri dari 4
aspek,  yaitu;  manajemen  kampanye,  analisis  atau  riset  pasar,  pengembangan  strategi  politik  dan
strategi kampanye politik.  Sehingga pada hasil rekapitulasi suara  pemilu legislatif 2014, peringkat
partai Gerindra naik secara signifikandi Kabupaten Karawang
Kata kunci: Marketing politik, partai Gerindra, pemilu legislatif 2014

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-07-27

Cara Mengutip

Rifai, M. (2016). MARKETING POLITIK PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF 2014 DI KABUPATEN KARAWANG. Jurnal Politikom Indonesiana, 1(1), 109. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.328

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana