Pembangunan Kapasitas Birokrasi dan Penataan Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Universitas Singaperbangsa Karawang

Penulis

  • Gun Gun Gumilar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3725

Abstrak

Univesitas Singaperbangsa Karawang merupakan instansi atau lembaga pendidikan milik pemerintah yang sejak tahun 2014 berubah status menjadi perguruan tinggi negeri yang mempunyai amanah mencerdaskan kehidupan bangsa khusunya di daerah Karawang, didasarkan pada fakta rendahnya kinerja pelayanan publik sebagaimana ditunjukkan oleh pelayanan yang tidak efektif, tidak responsif dan tidak berorientasi pada harapan masyarakat sehingga perlu penataan organisasi.  Dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab  pertanyaan penelitian yaitu mengapa kinerja pelayanan publik di  belum sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat dan bagaimana pembangunan kapasitas birokrasi Universitas Singapebangsa Karawang mampu mendorong peningkatan kinerja pelayanan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum terpenuhinya tuntutan dan harapan masyarakat dalam  kinerja pelayanan publik disebabkan karena adanya keterbatasan dalam kapasitas birokrasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, lemahnya political will pimpinan, rendahnya partisipasi masyarakat dan adanya faktor endowment yang menghambat.

Kata Kunci: Penataan Organisasi, Evaluasi Kebijakan dan Pelayanan Publik

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell, J. W. (1994). Qualitative Inquiry and Research Designs: Choosing among Five Traditions. Thousand Oaks: Sage.

Dunn, W. N. (2003). Analisis Kebijakan Publik. Terjemahan Samodra Wibawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fitzsimmons, J. A, and Mona J. F. (1994). Service Management for Competitive Advantage. New York: Mcgraw Hill-Inc.

Grindle, M.S. (1997). Getting Good Governance: Capacity Buildingin The Public Sector of Developing Countries (editor). Boston MA, Harvard Institute for International Development.

Golembiewski, R.T. (2003). Practical Public Management. New York: Marcel Dekker.

Lembaga Administrasi Negara RI. (2004). Teknik Penyusunan Organisasi Berbasis Kinerja. Jakarta: LAN.

Morrison, T. (2001). Actionable Learning: A Handbook for Capacity Building through Case Based Learning. ADB Institute.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 67 Tahun 2011 tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Pemerintah.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 57 Tahun 2017 tentang pedoman evaluasi organisasi dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: Indeks.

Thijs, N. & Staes, P. (2008). European Primer on Customer Satisfaction Management. Portugal: European Institut of Public Administration.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Gumilar, G. G. (2020). Pembangunan Kapasitas Birokrasi dan Penataan Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3725

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana