Pendekatan Marketing Mix pada Penjualan Online Melalui Media Sosial: Studi Kasus @heaven_lightsbyzb

Penulis

  • Siti Nursanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Gun Gun Gumilar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3737

Abstrak

Hadirnya internet menjadi warna baru pada perekonomian dunia, kini untuk melakukan transaksi jual beli tidak harus dibatasi ruang dan waktu. Instagram menjadi pilihan primadona guna menyajikan gambar berupa photo dan tulisan status penjualan secara online. @heaven_lightsbyzb memilih menggunakan instagram sebagai sarana promosi penjualan secara online, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh akun instagram @heaven_lightsbyzb. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan teori komunikasi marketing mix. Hasil dari penelitian ini adalah akun instagram @heaven_lightsbyzb menggunakan kedekatan personal kepada para followernya dan membangun branding dengan cara meletakan follower sebagai partner bisnis bukan hanya penjual semata. Pemilihan pesan penjualan dengan titik tekan pada pemberian informasi bukan hanya semata jualan menjadi kelebihan yang dimiliki oleh akun @heaven_lightsbyzb dan senantiasa Be Original adalah prinsip dagang yang dimiliki oleh akun @heaven_lightsbyzb. Keseimpulan dari penelitian ini adalah pemasaran instagram harus senantiasa memperhatikan keunikan dari produk yang akan dijual, pemilihan pesan dan pendekatan kepada konsumen serta bagaimana cara yang digunakan dalam mendekati konsumen menjadi salah satu alasan utama kesetiaan dari konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Penelitian ini sangat penting bagi dunia promosi pemasaran untuk selalu menekankan dan melibatkan keinginan konsumen dan bukan hanya kebutuhan pemenuhan penjualan karena pada akhirnya keuntungan dihasilkan tidak semata dari penjualan akan tetapi kedekatan dengan konsumen agar terbangun konsumen fanatik.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Personal Touch Komunikasi, Bersahabat dengan Pelanggan, Komunikasi Persuasif

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Nursanti, S., & Gumilar, G. G. (2020). Pendekatan Marketing Mix pada Penjualan Online Melalui Media Sosial: Studi Kasus @heaven_lightsbyzb. Jurnal Politikom Indonesiana, 5(1), 113–131. https://doi.org/10.35706/jpi.v5i1.3737

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

> >>