Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek

Penulis

  • TRI Widya UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Fajar Hariyanto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206

Abstrak

Film merupakan suatu cerita yang dituturkan kepada penonton melalui rangkaian gambar bergerak secara berkesinambungan. Film menayangkan berbagai cerita yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik untuk diterapkan, seperti film dengan genre keluarga yang mengandung pesan-pesan moral sederhana tentang tolong menolong, keberanian, kebenaran, cinta kasih dan sebagainya. Latar belakang pada penelitian ini adalah adanya kegiatan outing class nonton bareng film di bioskop untuk menunjang pembelajaran bagi peserta didik kelas VI (enam) di SD/MI Nurul Huda Cikampek. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan dampak pelaksanaan pada pendidikan karakter melalui media film dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan mengahadirkan lima informan yang terdiri dari guru dan murid kelas enam (VI) SD/MI Nurul Huda Cikampek.

Kata Kunci: media film, pendidikan karakter, anak

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Widya, T., & Hariyanto, F. . (2022). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. Jurnal Politikom Indonesiana, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i2.8206

Terbitan

Bagian

Jurnal Politikom Indonesiana

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama