Number Sense Siswa pada Materi Bilangan

Penulis

  • Umi Nurjanah Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kepekaan siswa terhadap bilangan pada operasi matematis berserta hubungan dengan bilangan yang lainya (number sense), menjadi dasar penting dalam menyelesaikan masalah matematis. Kemampuan number sense dapat dilatih sejak siswa mengenal bilangan. Namun pembelajaran di sekolah guru terbiasa mengajarkan siswa menyelesaikan masalah secara algoritma ,yaitu : logis, sistematis, dan terperinci. Artikel ini menggambarkan bagaimana komponen-komponen number sense dalam sebuah bilangan itu diterapkan pada materi yang diajarkan. Komponen-komponen dari number sense ini menilai besaran bilangan, komputasi mental, estimasi, dan menilai kerasionalitasan. Sehingga dalam artikel ini dapat memaparkan bagaimana kemampuan number sense siswa pada materi bilangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Cara Mengutip

Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number Sense Siswa pada Materi Bilangan. Prosiding Sesiomadika, 2(1e). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2949

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>