Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok

Penulis

  • Dwi Resti Suciati Universitas Singaperbangsa Karawang - UNSIKA
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan koneksi matematis siswa SMP pada materi kubus dan balok. Materi kubus dan balok merupakan sub materi yang dipelajari oleh siswa SMP kelas VIII semester 2 pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Kubus adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh enam bidang bujur sangkar yang sisi-sisinya kongruen. Sedangkan, Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang terbentuk dari tiga pasang persegi atau persegi panjang. Artikel ini memberikan gambaran bagaimana mengaitkan konsep kubus dan balok dengan konsep matematika yang lain, mengaitkan konsep kubus dan balok dengan disiplin ilmu lain, dan mengaitkan konsep kubus dan balok dengan kehidupan nyata. Sehingga dalam artikel ini dipaparkan bagaimana gambaran kemampuan koneksi matematis pada materi kubus dan balok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dwi Resti Suciati, Universitas Singaperbangsa Karawang - UNSIKA

Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang

Referensi

Chrisiana, E.A.A. (2018). Analisis Hasil Belajar Materi Kubus dan Balok Sebelum dan Sesudah Mengikuti Proses Remediasi Siswa Kelas VIII B SMP Maria Immaculata Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomedika), 65-72. Dipetik November 15, 2019, dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2097

Farida, E., Alauzi, F. A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Koneksi Matematis Siswa dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Journal On Education, 1(4), 688-695.

Hakim, D. L. (2014, Mei 18-20). Effort To Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperative Learning Type Of Student Teams Achievment Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education of Mathematics And Sciences, 135-142. Dipetik November 15, 2019, dari http://eprints.uny.ac.id/11548/

______. (2017). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Matematika Media Prezi. UNES Journal of Comunity Service, 2(2), 157-163. Dipetik November 14, 2019, dari http://ojs2.lucetechno.com/index.php/lppm/article/view/370

______. (2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia, Pendidikan Matematika. Bandung: Tidak diterbitkan.

______. (2017). Penerapan Permainan Saldermath Algebra Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Di Karawang. Journal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 10-19. Dipetik November 15, 2019, dari http://journal.upgris.ac.id/indexphp/JIPMat/article/view/1476

Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 259-264.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. JPPM, 12(1), 129-141. Dipetik November 14, 2019, dari http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4860

Hedriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, S. R., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 51-58.

Listyotami, M. K. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII A SMPN 15 Yogyakarta Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle "5E". Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Matematika. Yogyakarta: tidak di terbitkan.

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

NCTM. (2000). Principles and Standars For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Model Poblem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 73-82. Dipetik November 15, 2019

Nursaniah, L., Nurhaqiqi, & Yuspriyati, D. N. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 857-862.

Nuryani, C. S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis SIswa MTs Kelas VIII Pada Pembelajaran Quantum Tipe Visualization Auditory Kinesthetic (VAK). Skripsi Universitas Singaperbangsa Karawang, Pendidikan Matematika. Karawang: Tidak diterbitkan.

Santoso, K. F. (2019). Penggunaan Pictorial Riddle Untuk meningkatkan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Pendidkan Matematika. Surabaya: Tidak diterbitkan.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-12

Terbitan

Bagian

Artikel