Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-01-29. Baca versi terbaru.

Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks

Penulis

  • Fitriana Yolanda

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan matematis mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada penyelesaian soal analisis kompleks. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP UIR sebanyak 60 mahasiswa tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya tes dan wawancara terbuka. Analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis hasil tes soal analisis kompleks dan analisis hasil wawancara. Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal analisis kompleks cenderung dalam kategori konsep dan prinsip.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2012). Pendidikan Matematika Fakultas. Jurnal Ilmiah Didaktika, XIII(1), 183–196.

Amir, M. F. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarji dalam Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1(2), 131–145.

Andriani, L., & Matematika, P. (2020). Soal Himpunan Di Program Studi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 550–562.

Imswatama, A., & Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis Dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 1.

Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Vektor. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8.

Kania, N., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kesulitan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 57–66.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 24–29.

Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sukirman. (1985). Identifikasi Kesalahan-Kesalahan yang Diperbuat Siswa Kelas III SMP pada setiap Aspek Penguasaan Bahan Pelajaran Matematika. Tesis(Tidak dipublikasikan).

Valentino, E. (2017). Analisis Kesalahan Konten Matematika pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Kelas V Semester I Kurikulum 2013. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 74.

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannnya P-25 Oleh. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 402–413.

Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 106–113.

Wijaya, A. A., & Masriyah. (2019). Analsis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 8(2).

Yensy, N. A. (2018). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang Pada Matakuliah Statistika Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta, 2(4), 145–150.

Yolanda, F., & Amelia, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Accelerated Learning Cycle. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(2), 268-274

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Versi

Cara Mengutip

Yolanda, F. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIR pada Penyelesaian Analisis Kompleks. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4393

Terbitan

Bagian

Artikel