Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-01-29. Baca versi terbaru.

Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19

Penulis

  • Very Hendra Saputra Very Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah pada masa pandemik Covid-19. Metode pengembangan yang digunakan yaitu R&D-4D, serta desain media menggunakan  comic life. Untuk menguji kelayakan media yang di kembangkan dilakukan validasi terkait materi dan desain. Penelitian ini berhasil mengembangkan media pembelajaran komik berbasis pendekatan scientific untuk siswa kelas IV pada materi keliling persegi panjang. Persentase uji validasi ahli media dan ahli materi sebesar 81,667% dan 83,571%. Hal tersebut menunjukan media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anas, Sudijono. (1987). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Hujair AH Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71-81.

Mahmudah, L. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Komik Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran SKI Di SMP Negeri 264 Jakarta (online)( http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26497, diakses pada tanggal 16September 2020)

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan melalui Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 68—76.

Mudlaafar, K., Setiawan, E., & Al Muflih, I. K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berwaktu (Komik Ratu) Sebagai Alternatif Pembelajaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 62-70.

Negara, H. S. (2015). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Terampil, 3(3), 66-76.

Prianto, C. (2020). Pembelajaran Bermakna di Tengah Covid-19. Surabaya: Yayasan Kita Menulis

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa). JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 10-16.

Saputra, V. H., Pasha, D., & Afriska, Y. (2020, April). Design of English Learning Application for Children Early Childhood. In Proceeding International Conference on Science and Engineering (Vol. 3, pp. 661-665).

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116-125.

Sabiq, A. F. (2020). Persepsi Orang Tua Siswa tentang Kegiatan Belajar di Rumah sebagai Dampak Penyebaran Covid 19. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 4(1 Extra), 1-7.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 135-141.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wibowo, E. J. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 75–78.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154-160

Widyastuti, P. D., Mardiyana, M., & Saputro, D. R. S. (2017, September). An Instructional Media using Comics on the Systems of Linear Equation. In J. Phys. Conf. Ser (Vol. 895, p. 012039).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Versi

Cara Mengutip

Very, V. H. S. (2021). Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Terbitan

Bagian

Artikel