Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pemahaman konsep siswa dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi SPLDV, dengan fokus pada indikator-indikator pemahaman konsep matematis. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari penelitian ini, dari 22 siswa kelas VIII yang telah mengikuti tes, sebanyak 3 orang mendapatkan nilai dalam kategori tinggi, sebanyak 15 orang memperoleh nilai dalam kategori sedang, dan sebanyak 4 orang yang mendapatkan nilai dalam kategori rendah. Dari data tes tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis sebagian besar siswa kelas VIII SMP IT Abdan SYakuro Lampu Iman Karawang dikatakan sudah baik.