SINERGITAS TEKNIK SCAFFOLDING DENGAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sinergitas teknik scaffolding dengan model problem-based learning terhadap kemampuan matematis siswa. Penelitian ini dapat dianalisis secara kuantitatif, kualitatif, ataupun dengan R&D. Hasil penelitian yang diharapkan adalah adanya pengaruh positif dari teknik scaffolding dengan model problem-based learning terhadap kemampuan matematis, adanya gambaran atau deskripsi kesulitan siswa yang dapat di atasi oleh teknik teknik scaffolding dengan model problem-based learning dan adanya pengembangan bahan ajar yang dihasilkan diharapkan mampu mensinergikan kemampuan matematis dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Chairani, Zahra. 2015. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Vol 1, 6 halaman. Diakses tanggal 21 Maret 2018
http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/12/9
Raharjo, Totok Dwi. 2016. Implementasi Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA. [Online] Diakses tanggal 13 Januari 2018
http://repository.unpas.ac.id/27026/
Sari, Shinta. Dkk. 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Vol 3, 6 halaman. Diakses tanggal 11 September 2017
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1190/882
Wewe, Melkior. 2017. The Effect Of Problem Based Learning Model And Mathematic-Logical Intelligence Toward Mathematics Learning Achievement. Journal of Education Technology [Online], Vol 1, 5 halaman. Diakses tanggal 11 September 2017
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/10079
Rumasoreng, Muhammad Irfan dan Sugiman. 2014. Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika [Online], Vol 1, 13 halaman. Diakses tanggal 4 September 2018
https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2661/2214
Sari dan Surya 2017. Efektivitas Penggunaan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMP Swasta Al-Washiliyah Medan. Edumatika [Online], Vol 7, 10 halaman. Diakses tanggal 21 Maret 2018
https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/3863