KATEGORISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Authors

  • Widha Daradika Aulia Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kemampuan penalaran matematis ini dikategorikan dalam tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dengan sampel berjumlah 16 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan, dan 9 siswa laki – laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes, dengan instrumen yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 5 yang mewakili dari masing – masing indikator. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknis analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini, siswa masih belum memiliki penalaran matematis yang tinggi, karena dilihat dari indikator kemampuan penalaran matematis yang masih belum tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-08-04

How to Cite

Aulia, W. D., & Abadi, A. P. (2023). KATEGORISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/sesiomadika/article/view/8670

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>