Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3910Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 20 Kabupaten Tangerang. Instrumen yang digunakan berupa angket menggunakan rumus Alpha Crobach 0,946 pada program spss 22.0 for windows. Dengan meneliti 2 faktor, yaitu faktor instrinsik dan faktor ekstrinsik. Masing-masing terbagi menjadi beberapa indikator. Faktor instrinsik memiliki 3 indikator, yaitu rasa senang dan tertarik, perhatian, dan aktivitas. Sedangkan faktor ekstrinsik memiliki 2 indikator, yaitu lingkungan, dan orangtua. Hasil penelitian yang didapat berdasarkan faktor instrinsik dan ekstrinsik cenderung masuk dalam kategori sedang dengan kategori rendah 13,75%, kategori sedang 58,75%, dan kategori tinggi 27,5%.
Unduhan
Referensi
Musthofa, M. (2013). MINAT SISWA DALAM EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA FUTSAL DI SMA N 1 PAMOTAN KABUPATEN REMBANG. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Noor Yanti, D. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.
Pirman, N. (2013). MINAT SISWA PUTRA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA SMP NEGERI 5 PARINDU KABUPATEN SANGGAU.
PUTRA, M. K. (2016). TINGKAT PARTISIPASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 MREBET KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA SKRIPSI. 1–10.
Rahmawanti, Y. (2017). MINAT SISWA KELAS 4 SDN TEGALPANGGUNG KOTA YOGYAKARTA TERHADAP EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS TAHUN 2017 TUGAS. 3(1), 1–14.
Ramadhan, I. F. (2018). MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMP NEGERI 2 BERBAH TUGAS. Chinese Journal of Sensors and Actuators, 11(11), 45–55. https://doi.org/10.1063/1.4914609
Supriyadi. (2007). Pendidikan Jasmani Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang Tahun.
SUROHMAN, A. (2019). MINAT SISWA KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN TERHADAP EKSTRAKURIKULER GULAT. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tuhidin. (2014). رPENINGKATAN KETEPATAN SERVIS PANJANG MELALUI PERMAINAN TARGET SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS DI SMP NEGERI 1 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Utomo, A. S. (2011). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMPN 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2011.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers.
Creswell, J.W. (2003). Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. London: Sage Publications.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Y.A, Andriyani, F. D. (2015). Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-25 (2)
- 2021-07-25 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.