Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok

Penulis

  • Imam Abdul Hafidz Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rolly Afrinaldi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637

Abstrak

Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi menjadi salah satu latar belakang penelitian ini dilakukan, dimana ketika semua orang diharuskan untuk tinggal di rumah dan penelitian tatap muka tidak memungkinkan, maka penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh pandangan yang menganggap Pendidikan Jasmani menjadi sekedar gerak di dalamnya, padahal tidak hanya itu dalam Pendidikan Jasmani terdapat tiga unsur, yaitu unsur gerak, pengetahuan, dan juga sikap. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap pembelajaran atletik nomor lompat jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang peneliti lakukan di SMAN 1 Rengasdengklok. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survei, tehnik pengumpulan data berupa angket yang disebar secara daring, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMAN 1 Rengasdengklok, sampel yang digunakan adalah siswa kelas sebelas sebanyak 78 orang siswa, dengan pengambilan sampling probability sampling, data pada penelitian ini dianalisis dengan statistik destriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pengetahuan siswa terhadap pembelajaran atletik nomorlompat jauh di SMAN 1 Rengasdengklok ada dalam kategori ‘’sedang’’ diskala keseluruhan dengan presentase  30 siswa (38.46%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggi Setia Lengkana, N. S. N. S. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Bastaman Sasmito Aji, M. . W. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594

Juriana, et al. (2018). Pengetahuan Psikologi Olahragapada Pelatih Renang Indonesia. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 2(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JSCE.02104

Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940

M. Ridwan, A. S. (2017). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Performa Olahraga, 2(1), 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpo67019

Muhammad Hartoto, et al. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567

Muhammad Iqbal Pambudi, et al. (2019). Perencanaan dan PelaksanaanPembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(1), 110–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906

Nurfauzan, P. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Penguasaan Teknik Dasar Lompat Jauh Siswa Pada Pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar. JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION), 2(2), 254–264. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77

Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Karetan Terhadap Pembelajaran Motorik Kasar Atletik Lompat Jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3478

Rina Fifit Saputri, et al. (2016). Model Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas Vii di SMPN 12 Malang. Pendidikan Jasmani, 26(1), 176–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7741.g3560

Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahragapada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 2(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4507

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.

Sukirno, R. R. P. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan di Sekolah Dasar. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 110–121. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8095

Tika Musiandi, B. S. T. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Abdul Hafidz, I., Mury Syafei, M. ., & Afrinaldi , R. . (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 104–109. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama