Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637Abstrak
Pandemi Covid 19 yang sedang terjadi menjadi salah satu latar belakang penelitian ini dilakukan, dimana ketika semua orang diharuskan untuk tinggal di rumah dan penelitian tatap muka tidak memungkinkan, maka penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh pandangan yang menganggap Pendidikan Jasmani menjadi sekedar gerak di dalamnya, padahal tidak hanya itu dalam Pendidikan Jasmani terdapat tiga unsur, yaitu unsur gerak, pengetahuan, dan juga sikap. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap pembelajaran atletik nomor lompat jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang peneliti lakukan di SMAN 1 Rengasdengklok. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survei, tehnik pengumpulan data berupa angket yang disebar secara daring, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMAN 1 Rengasdengklok, sampel yang digunakan adalah siswa kelas sebelas sebanyak 78 orang siswa, dengan pengambilan sampling probability sampling, data pada penelitian ini dianalisis dengan statistik destriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukan tingkat pengetahuan siswa terhadap pembelajaran atletik nomorlompat jauh di SMAN 1 Rengasdengklok ada dalam kategori ‘’sedang’’ diskala keseluruhan dengan presentase 30 siswa (38.46%).
Unduhan
Referensi
Anggi Setia Lengkana, N. S. N. S. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Bastaman Sasmito Aji, M. . W. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i7.6594
Juriana, et al. (2018). Pengetahuan Psikologi Olahragapada Pelatih Renang Indonesia. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 2(1), 31–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JSCE.02104
Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940
M. Ridwan, A. S. (2017). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan Dan Kelentukan Dengan Kemampuan Lompat Jauh. Jurnal Performa Olahraga, 2(1), 69–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpo67019
Muhammad Hartoto, et al. (2021). Pengembangan modul pembelajaran atletik berbantuan QR code. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(1), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(1).6567
Muhammad Iqbal Pambudi, et al. (2019). Perencanaan dan PelaksanaanPembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(1), 110–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906
Nurfauzan, P. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Penguasaan Teknik Dasar Lompat Jauh Siswa Pada Pembelajaran Atletik di Sekolah Dasar. JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION), 2(2), 254–264. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77
Puspitasari, R. N. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Karetan Terhadap Pembelajaran Motorik Kasar Atletik Lompat Jauh. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(1), 9–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3478
Rina Fifit Saputri, et al. (2016). Model Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas Vii di SMPN 12 Malang. Pendidikan Jasmani, 26(1), 176–187. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7741.g3560
Simatupang, N. (2016). Pengetahuan Cedera Olahragapada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed. Jurnal Pedagogik Keolahragaan, 2(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22245/jpor.v2i1.4507
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.
Sukirno, R. R. P. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Berbasis Permainan di Sekolah Dasar. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 110–121. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8095
Tika Musiandi, B. S. T. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v8i1.3477
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.