Survei Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Futsal di MAN Karawang

Penulis

  • Ferlian Hendriana Erlangga Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abduloh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i3.5366

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana minat belajar siswa terhadap pembelajaran futsal di MAN Karawang. Latar belakang masalah yang terjadi saat observasi di sekolah salah satunya adalah guru PJOK belum menyampaikan materi pembelajaran futsal, diantaranya dikarenakan guru belum mengusai materi pembalajaran futsal. Dalam menyelesaikan rumusan masalah pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Berdasakan deskripsi data dan pembahsan penelitian ini, bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran futsal di MAN Karawang berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 10,98% sebanyak 9 siswa, kategori “tinggi” sebesar 39,02% sebanyak 32 siswa, kategori “sedang” sebesar 26,83% sebanyak 22 siswa, kategori “rendah” sebesar 18,29% sebanyak 15 siswa, kategori “sangat rendah” sebesar 4,88% sebanyak 4 siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bangun, S. Y. (2016, Oktober). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI, 156-167.

Gustiawati, R., Fahrudin, Kurniawan, F., & Indah, E. P. (2019). Pengembangan Pendekatan Evaluasi The Most Significant Change Tehnique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehetan. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olaharaga, 18, 125-129.

Irma, A. (2017). Peran Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bisnis Online Beautyhomeshop). Jurnal Online Kinesik, 4, 1-12.

Nisa, A. (2015, Maret). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar ilmu Pengetahuan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, II, 1-9.

Nugraha, R. G. (2017). PENGGUNAAN PENDEKATAN BERMAIN SEBAGAI CARA KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR. JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL, 1, 1-11.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016, Agustus). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 1, 128-135.

Sirait , E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, 35-43.

Sutejo, B., & Susanto, A. (2019, Januari). Pengembangan Media Pembelajaran Kelistrikan Bodi Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Program Keahlian TBSM SMK Pancasila 1 Kurtoajo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13, 159-164.

Utama, A. B. (2011, April). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8, 1-9.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

Hendriana Erlangga, F., Abduloh, & Abdul Gani, R. . (2022). Survei Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Futsal di MAN Karawang . Jurnal Literasi Olahraga, 2(3), 174–180. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i3.5366

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama