Penentu Motivasi Petani dalam Adopsi Teknologi Budidaya Padi Sebagai Upaya Mengoptimalkan Produktivitas

Penulis

  • Muhamad Rom Ali Fikri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mohamad Sam'un Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Kabupaten Karawang merupakan penghasil beras terbesar kedua di Provinsi Jawa Barat yang menjadi potensi tersendiri untuk mengoptimalkan produktivitas dengan mengadopsi teknologi budidaya padi yang baik dan modern. Pada proses adopsi diperlukan motivasi dan pertisipasi petani yang tainggu untuk menjalankannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penentu motivasi petani dalam adopsi teknologi budidaya padi sebagai upaya mengoptimalkan produktivitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penentuan sampel dilakukan secara random sampling dengan jumlah 50 responden terdiri dari anggota gapoktan di Desa Rangdumulya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan motivasi petani pada setiap komponen motivasi tergolong dalam kategori tinggi dengan rata-rata tingkat motivasi sebesar 82,38%. Faktor penentu motivasi petani dalam adopsi teknologi budidaya padi adalah partisipasi petani dan peran ketua kelompok.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldefer, C. P. (1972). Existence, relatedness, and growth. Free Press.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Sumber Daya Manusia Kementrian Pertanian. (2021). Data Statistik SDM Penyuluhan Pertanian Tahun 2021 (2021 ed.). Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Sumber Daya Manusia Kementrian Pertanian.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. (2022). Kabupaten Karawang Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang.

Joseph. (2014). Rice. Rice, Psychology, and Innovation.

Lai, E. R. (2011). Motivation: A Literature Review. Person Researchs Report 6.

Long, L. H. et al. (2024). Factors That Influence the Intention of Smallholder Rice Farmers to Adopt Cleaner Production Practices: An Empirical Study of Precision Agriculture Adoption.

Singarimbun, M. dan S. E. (1982). Metode Penelitian Survei. LP3SE.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Yanter, H. (2010). Analisis adopsi inovasi teknologi pertanian berbasis padi di Sumatera Selatan dalam perspektif komunikasi. Analisis Adopsi Inovasi Teknologi Pertanian Berbasis Padi Di Sumatera Selatan Dalam Perspektif Komunikasi. Jurna Core.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Fikri, M. R. A., & Sam’un, M. (2024). Penentu Motivasi Petani dalam Adopsi Teknologi Budidaya Padi Sebagai Upaya Mengoptimalkan Produktivitas . Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 5(1), 22–30. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/agrimanex/article/view/12067

Terbitan

Bagian

Volume 5 No 1

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama