Strategi Pengembangan Kelembagaan Usaha Kecil Menengah: Studi Kasus UKM NR
DOI:
https://doi.org/10.35706/agrimanex.v1i1.4752Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal serta strategi yang dapat diterapkan untuk pengembangan UKM NR. Penelitian ini dilakukan di Desa Mulyasari, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Faktor strategis internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan UKM NR adalah SDM, kemampuan produksi produk yang tinggi, bersertifikat halal dan PIRT, permodalan berupa uang dan harta bergerak sudah tersedia, pemasaran produk belum terkoordinasi secara berkelompok, administrasi tidak terstruktur dengan rapi, belum memiliki rumusan strategi, perencanaan tidak optimal dan tidak mempunyai visi misi jangka panjang, tidak ada struktur organisasi yang terstruktur dan belum melibatkan pekerja dalam keluarga, belum berbadan hukum, persaingan antar perusahaan masih lemah, tidak memiliki lokasi yang strategis sebagai tempat persediaan atau penjualan khusus produk NR. Strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan UKM NR adalah Strategi S-O.