Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 13 Medan
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v5i1.13386Kata Kunci:
manajemen pembelajaran, pendidikan jasmani, efektivitas belajar, SMPN 13 MedanAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi manajemen pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Medan serta menganalisis sejauh mana manajemen tersebut berkontribusi terhadap efektivitas belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis berdasarkan kalender akademik dan kompetensi dasar, namun ketersediaan sarana masih perlu ditingkatkan. Pengorganisasian terlaksana baik melalui pembagian tugas guru dan penjadwalan penggunaan lapangan. Pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup efektif meskipun keterbatasan ruang bermain membuat guru harus lebih kreatif dalam memilih metode. Evaluasi dilakukan melalui penilaian autentik yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Secara keseluruhan manajemen pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 13 Medan sudah berjalan baik, namun diperlukan penguatan dalam pemenuhan sarana dan peningkatan variasi model pembelajaran
Unduhan
Referensi
Dyson, B. (2014). Cooperative Learning in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85(7), 8–10.
Hastie, P. A., & Curtner-Smith, M. (2006). Influence of a Hybrid Sport Education–Teaching Games for Understanding Model. Physical Education and Sport Pedagogy, 11(1), 1–27.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik.
Lund, J., & Tannehill, D. (2010). Standards-Based Physical Education Curriculum Development. Jones & Bartlett.
Metzler, M. (2000). Instructional Models for Physical Education. Boston: Allyn and Bacon.
Rahayu, E. T. (2011). Pendekatan Supervisi Akademik dan Peningkatan Kualitas Pengajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Tesis: UPI Bandung.
Rosdiani, D. (2012). Model-Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta
Siedentop, D. (2011). Introduction to Physical Education, Fitness and Sport. McGraw-Hill.
Suherman, A. (2009). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI.
Suyanto, & Asep, S. (2014). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Thomson, A. (1998). The Adult and the Curriculum. Diakses dari University of Illinois.
UNESCO. (2015). Quality Physical Education Guidelines for Policy-Makers.
WHO. (2019). Physical Activity Guidelines for Children and Adolescents.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Putri Alpanisa, Agnes Bellina, Limsar Hutabarat, Rikky Johannes, Andre Roisinton, Berkat Simanjuntak, Amir Supriadi, Reza Destya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
