Pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Kota Palembang

Authors

  • Febri Zulpawinda Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febriyanti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Zulkipli Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13082

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis pada Pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program SLHT di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah Pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang dengan adanya koordinasi dalam pelaksanaan, adanya komunikasi, adanya motivasi dan adanya pengarahan dalam pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Abidin, A. Z. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah Pada SMPN 3 Masbagik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 224–246.

Agus, P. (2020). Peranan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Di SMK Dalam Mewujudkan Jati Diri Bangsa. Pendidikan Dan Sejarah, 16(1), 21. file:///C:/Users/Win10/Downloads/32451-85336-1-PB.pdf

Astuti, W. S. (2025). Wawancara. Selaku Guru Sekaligus Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan.

Batubara, J. (2017). Paradigma penelitian kualitatif dan filsafat ilmu pengetahuan dalam konseling. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 95–107.

Dani, F., & Mawardi, A. (2019). Pola Pembinaan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Mts. Muhammadiyah Cambajawaya Desa Sengka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 10(1), 20.

Diko Ivan Sanjaya, Amilda, & Safitri3, D. (2022). Pelakasanaan Pengarsipan Dinamis. Edu Manage, 1(1), 1–13.

Dunie, W. (2018). PENGARUH PENGARAHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(2), 107–116.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Fauzi, M. A., Faizal, L., & Siregar, R. K. A. (2023). Actuanting dalam AL-Qur’an. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5099–5106.

Handayani, L. T. (2023). Buku Ajar Implementasi Teknik Analisis Data Kualitatif (Penelitian Kesehatan). Pt. Scifintech Andrew Wijaya.

Haryadi, C. (2019). Evaluasi keberhasilan pelaksanaan program adiwiyata. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2), 174–182.

Jabnabillah, F., Aswin, A., & Fahlevi, M. R. (2023). Efektivitas Situs Web Pemerintah Sebagai Sumber Data Sekunder Bahan Ajar Perkuliahan Statistika. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 59–70. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3373

Karim, H. A. (2016). Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 45–56. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.175

Maimunah, E. I., Hidayat, Z., & Priyadi, B. P. (2021). Manajemen pengembangan industri batik grobogan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Journal of Public Policy and Management Review, 10(2), 186–208.

Muhammad Ramdhan. (2021). Metodelogi Penelitian. Cipta Media Nusantar.

Nahdia, N., Zubaidillah, M. H., & Azmi, M. N. S. (2023). Pembinaan Karakter Siswa melalui Program Ekstrakurikuler Religi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 593–602. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4632

Prahara, R. S., Wahyono, H., & Utomo, S. H. (2017). Menentukan Kualitas Pembelajaran Ekonomi Berwawasan Lingkungan Berdasarkan Input-Proses-Output Pembelajaran. National Conference On Economic Education.

Putri, I., Al-Faruq, M., & Mohammad Khamami Zadih. (2024). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Karim, 9(1), 12–26.

Rahman, A., Munandar, Asri, S., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Risva, I. F. F. (2025). Wawancara dengan Ibu. Selaku Pembina SLHT.

Rusmaini. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Grafika Telindo Press.

Saipul Annur. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Analisis Data Kuantitatif Dan Kualitatif,. Noer Fikri Offset.

Sumarni, S., Hikmawati, H., Junisnaini, J. J., Sartina, S. S., Dewi, R., Septiani, A., Nurahma, U., Agustiawan, H., & Sugandi, A. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata Di Sma Negeri 7 Wajo. Jurnal Sains Riset, 13(1), 255–264.

Sutikno. (2022). Strategi Dan Teknik Penelitian. Guepedia.

Taufiq, A. (2019). Belajar Cara Berpikir dan Bekerja Para Miliader Dunia : Sukses, Kaya dan Bahagia dengan Cara Orang Sukses. Araska.

Utami, C. (2025). Wawancara. Staff SD Auladi Palembang.

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Widiana, M. E. (2020). Pengantar Manajemen (Y. Sutarso (ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.

Widiyanto, E., Munawar, A., Diana, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2025). Jurnal Inovasi dan Manajemen Bisnis PENGAWASAN , DAN PENGARUH TERHADAP TUMBUH Jurnal Inovasi dan Manajemen Bisnis. 07(1), 91–95.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Zulpawinda, F., Febriyanti, F., & Zulkipli, Z. (2024). Pelaksanaan Program Student Light House Team (SLHT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auladi Kota Palembang . Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(02), 8–29. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13082