Pelaksanaan Promosi Sekolah melalui Konten Youtobe di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Hikmah Kabupaten Banyuasin
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v8i02.13084Abstract
Pelaksanaan promosi sekolah melalui konten YouTube di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Hikmah Kabupaten Banyuasin memiliki rumusan masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan promosi sekolah melalui konten YouTube dan apakah faktor-faktornya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan promosi sekolah melalui konten YouTube dan faktor-faktornya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan informan waka humas, kepala sekolah, staff tata usaha dan guru informatika. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Metode ini memastikan data yang valid dan reliable. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan promosi sekolah melalui konten YouTube di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Hikmah kabupaten banyuasin berjalan cukup baik. Dilaksanakan dengan mengacu pada empat indikator yaitu menentukan tujuan, penyusunan konten video yang menarik, optimasi dan promosi video, serta perbaikan dan penyesuaian konten. Adapun faktor pendukungnya yaitu sumber daya manusia, kerja sama tim, dan program unggulan. Faktor penghambatnya berupa kurangnya pelatihan, keterbatasan sarana prasarana, dan kurangnya strategi dan konsistensi mengelola channel YouTube. Penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan promosi sekolah melalui konten YouTube telah berjalan sesuai prosedur dan dinilai cukup baik dengan masing-masing indikator yang telah dijalankan. Promosi sekolah melalui konten YouTube diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab warga sekolah.
Downloads
References
Aisya, & Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Journal of Islamic Economic and Business, 2(2).
Arief, M. . (2022). strategi digital marketing pendidikan melalui platform youtube. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).
Banjarnahor, astri rumondang, & Dkk. (2021). manajemen komunikasi pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Basori, W. (2019). Produk kreatif dan kewirausahaan otomatisasi dan tata kelola perkantoran untuk SMK/MAK Kelas XI. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). digital marketing: strategy implementation and practice (edisi ke 5). Pearson Education.
Damanik, R. (2021). Pemanfaatan youtube sebagai media promosi sekolah di era digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1).
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnall Pendidikan Tambusai, 5(1).
herwibowo, yudhi. (2008). Youtube. bentang pustaka.
Kotler, P., & Keller, kevin L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management. Pearson Education.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi kepala sekolah profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Niswah, U., & Setiawan, M. R. (2021). Implementasi fungsi actuating dalam pembinaan santri di pondok pesantren. Jurnal Manajemen Dakwah, 9(1).
Ruyatningsih, Y., & Megawati, L. (2018). Pengantar Manajemen: Teori, Fungsi, dan Kasus. CV Absolute Media.
Siagian, S. P. (2012). Fungsi-Fungsi Manajerial. Bumi Aksara.
Sudrajat, A. (2015). inovasi program sekolah dan dampaknya terhadap minat masuk siswa baru. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Suwardana, K. . (2020). digitalisasi pendidikan dan tantangannya di indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Tknologi, 5(1).
Syaiful, S. (2007). manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan. Alfabeta.
Terry, G. R. (2013). Prinsip-prinsip Manajemen. Bumi Aksara.
Tuten, T. L., & Solomon, michael R. (2017). Social Media Marketing (edisi ke 3). Pearson Education.
wigati, sofyani. (2018). Pengembangan Youtube Pembelajaran berbasis KI Hadjar Dewantara untuk materi integral di sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurnida Usholicchah, Febriyanti, Zulkipli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
