Pelaksanaan Program Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.35706/wkip.v9i01.13106Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program kelas digital dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi informan utama penelitian yaitu penanggung jawab kelas sedangkan informan pendukung yaitu tim pengurus dan guru kelas digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwah pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang sudah berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam pelaksanaan program kelas digital di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang dengan adanya adanya koordinasi, pengarahan, motivasi, dan komunikasi dalam pembentukan sumberdaya kelas digital, pembinaan pelatihan, evaluasi program kelas digital serta dalam peningkatan pengetahuan penggunaan teknologi belajar.
Downloads
References
Abd. Ghofur, E. A. R. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan kelas Digital. Urnal Pendidikan Dan TeknologiPembelajaran, 2(1), 64.
Anggraini, Nuri, Thessa Herdyana, M. R. (2024). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa UPT SPF SD Negeri 104202 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang T . A 2023 / 2024. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 169–173.
Artha, A. Y., Sion, H., & Soan, U. F. (2021). Manajemen pelatihan guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesional di Kabupaten Seruyan Management of primary school teacher training in enhancing professional competence in the district of Seruyan. Journal of Environment and Management.
Azzahra, E. K., Alindra, A. L., Khoirunnisa, A., Anugrah, G., Pratama, Syanin, K., Khusnah, K. N., & Ningrum, N. C. (2023). Kelas Digital Dengan Penguatan Pendidikan Keterampilan Kompetensi Abad 21 Sebagai Inovasi Pendidikan di SDN 1 Nagrikidul Purwakarta. Jurnal Ilmu Multidisiplin Greenation, 2(3), 11.
Bustami, Muhammad Fikry, Ismail, Muhammad Yani, Silfa Maharani, Neli Susanti, F. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Membangun Materi Ajar dalam Menghadapi Program Kelas Digital pada MIN 4 Kota Lhokseumawe. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 16.
Dolong, J. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 65–75.
Fitriawati. (2024). Pentingnya Pelatihan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Masa Kini. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 258–265.
Haholongan, R., Lukyana, S., Putri, M. A., & Fajrina, F. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran : Transisi Dari Sistem. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 6(1), 11.
Hartanto, A. D., & Nurharjanti, M. (2018). Impementasi Teknologi Pembelajaran dan Kelas Digital untuk SMP Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional “Mewujudkan Masyarakat Madani Dan Lestari” Yogyakarta, Diseminasi Hasil-Hasil Pengabdian, 8, 65.
Hie, B. P. (2024). Transformasi Digital Pendidikan di era Artificial Intelligence. Media Nusa Creative.
Huda, A. M., & Rokhman, M. (2021). The Strategy of the Principal in Improving the Quality of Institutional Education. Ttadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 7.
Iga Putri Calora, Muhamad Arif, M. H. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 327.
Muhammad Ezra Kurniawan. (2021). Manajemen Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri3 Sungai Lilin. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran.
Mulyadi. (2021). Dasar-dasar Ilmu Manajemen. Dotplus Publisher.
Pangesti, S. W., & Hidayati, D. (2022). Implementasi Model Kelas Digital Dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru Di SD Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan.
Ririn Maskurin Ardila Yasaroh, Machnunah Ani Zulfah, M. K. Y. H. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Kelas Digital terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas Jombang. Journal of Education and Management Studies, 5(2), 6.
Saragih, K. W. (2024). Pentingnya Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Kinerja Antara Guru Dengan Pegawai Sekolah. JEP : Jurnal Evaluasi Pendidikan, 6(1), 57–65.
Shandra, Y. (2025). Classroom dan Kualitas Pembelajaran Siswa. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Sitompul, N. S., Siregar, N., Simbolon, P., Studi, P., Biologi, P., Pendidikan, F., Dan, M., & Pengetahuan, I. (2023). Analisis Hambatan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online di Sma Negeri 1 Tukka. Jurnal Edugenesis-Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 6(1), 21.
Sundari. (2024). Pengintregasian Teknologi dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Peran Kebijakan dalam Pembelajaran Digital. Innovative: Journal of Social Science Research., 4(3), 5122.
Suyatno. (2024). Dasar-dasar Pendidikan. Bumi Aksara.
Widjaja, G., & Aslan, A. (2022). Blended Learning Method in The View of Learning and Teaching Strategy in Geography Study Programs in Higher Education. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tazkia Nabila, Febriyanti, Zulkipli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal dapat diakses secara terbuka
